• Selasa, 28 September 2021

RSUD Bayu Asih Purwakarta Dinilai Gagal Manajemen, Dirut Dituntut Mundur

- Senin, 11 Januari 2021 | 20:00 WIB
 RSUD Bayu Asih, Kabupaten Purwakarta, (Foto: Dok.Jabarnews)
RSUD Bayu Asih, Kabupaten Purwakarta, (Foto: Dok.Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Viralnya video tenaga kesehatan (nakes) Bayu Asih">RSUD Bayu Asih yang menolak divaksin melalui platform media sosial TikTok di tengah waktu berdinas, dinilai merupakan kegagalan pengelolaan.

Selain menimbulkan keresahan di masyarakat atas ajakan menolak vaksinasi, apa yang dilakukannya menunjukkan ketidakprofesionalan para tenaga kesehatan yang sedang dalam waktu bekerja di rumah sakit tersebut.

Hal di atas disampaikan oleh tokoh masyarakat Purwakarta, Andhi Aray, yang kecewa atas tontonan tidak pantas yang viral di dunia maya.

"Ketidakprofesionalan pegawai RSUD tersebut, karena Direksi telah gagal mengelola rumah sakit. Apalagi ini rumah sakit pemerintah. Dirut harus mundur," ungkapnya kepada JabarNews.com via sambungan seluler, 10/01.



Menurutnya, kegagalan ini karena ada kejenuhan manajemen, sehingga performa semakin buruk. Sosok yang menjabat direktur utama sudah terlalu lama.

Dan peristiwa video viral yang memalukan ini adalah puncak dari berbagai keterpurukan pengelolaan Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih. Bupati harus segera membenahi.

"Lama saya perhatikan pengelolaan rumah sakit di bawah dirut sekarang ini. Banyak dugaan masalah dari mulai kaitannya transparansi penggunaan anggaran, insentif tenaga kesehatan, hingga soal pengadaan alkes dan pembangunan infrastruktur pelayanan," ungkap Andhi atau dikenal abah Aray.

Ia menambahkan, yang paling dipertanyakan publik adalah soal penggunaan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) dari pemerintah pusat setiap tahunnya.

Juga soal pengadaan alat kesehatan CT Scan Tahun Anggaran 2019 senilai kurang lebih 14 Milyar Rupiah, hingga soal pengadaan makan-minum (mamin) RSUD setiap tahunnya.

Sementara itu, sampai berita ini diterbitkan, redaksi mencoba menghubungi dr. Agung selaku Direktur Utama Bayu Asih">RSUD Bayu Asih. Namun, tidak ada respons dan jawaban klarifikasi darinya.

Untuk diketahui video viral itu dilakukan oleh para nakes yang masih menggunakan alat pelindung diri sewaktu bertugas.

Mereka menyempatkan diri untuk bercanda melalui medsos untuk menolak ajakan vaksinasi dengan menggunakan latar belakang suara ajakan presiden Jokowi. Bernuansa olok-olok.

Mirisnya, manajemen Bayu Asih">RSUD Bayu Asih hanya memberikan sanksi ringan kepada para pelaku berupa teguran tertulis.

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

X