Vaksinasi Kedua di Bandung Barat Masih di RSUD Cikalongwetan

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Asep Sodikin bersama pejabat publik lainnya dijadwalkan akan mendapat vaksin Covid-19 kedua, Kamis (28/1/2021).

Rencananya pelaksanaan pemberian vaksin berjenis Sinovac tersebut, masih di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Hernawan Widjayanto mengungkapkan, sesuai daftar yang ada untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut selain Sekda KBB, juga diikuti oleh sejumlah tokoh.

Baca Juga:  Yuk Simak! Tips Sukses Bisnis Minuman Kekinian

Mereka ialah Ketua DPRD KBB Rismanto, Kepala Kementerian Agama KBB Ahmad Sanukri, Kepala RSUD Cikalongwetan Ridwan Abdillah Putra serta sejumlah pejabat lainnya.

“Kalau berdasarkan jadwal beliau-beliau ini mau melaksanakan vaksin kedua di RSUD Cikalongwetan. Tapi bisa saja di tempat lain, yang penting vaksin kedua harus dilaksanakan juga,” ujar Hernawan, saat dihubungi Rabu (27/1/2021).

Baca Juga:  Tiga Cara Membasmi Bekicot di Rumah Agar Tidak Merusak Tanaman

Pada kesempatan yang sama secara serempak dilakukan suntikan vaksin kedua bagi para tenaga kesehatan (nakes). Kata Hernawan, untuk pemberian vaksin kedua KBB memperoleh 3.960 dosis, sama dengan jumlah vaksin pertama.

Menurutnya, bagi mereka yang pernah memperoleh vaksin pertama wajib mengikuti vaksin kedua dengan jangka waktu 14 hari sejak vaksin tersebut disuntikan. Hal itu, untuk membentuk booster agar antibodi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus Covid-19.

Baca Juga:  Jokowi Sebut Indonesia Negara Paling Rawan Bencana, Tercatat Tahun ini Ada 1.613 Bencana

Ia menambahkan, pembentukan antibodi setiap orang yang telah divaksin membutuhkan waktu berbeda-beda. Oleh karena itu, ketepatan waktu vaksinasi tahap dua penting.

“Vaksinasi tahap dua ini merupakan booster agar antibodi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus Covid-19 maksimal,” pungkasnya. (Yoy)