Upgrade Ilmu, Wartawan PWI Kota Bandung Bakal Dikuliahkan Di USB YPKP dan STAIPI

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangkaian puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Selasa (9/2/20210, insan pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung akan mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Sangga Buanda (USB) YPKP dan Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Indonesia (STAIPI) Bandung.

Kepastian wartawan untuk bisa belajar di perguruan tinggi terbuka, setelah adanya penandatanganan Kesepakatan Bersama atau Memory of Understanding (MoU) antara pihak PWI Kota Bandung, USB YPKP, dan STAIPI Bandung, serta disaksikan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Selasa (9/2/2021).

Ketua PWI Kota Bandung, Hardiyansyah mengatakan, diharapkan melalui kerjasama ini dapat meningkatkan atau mengembangkan karier wartawan secara kemampuan, kewenangan profesional, martabat dan juga kesejahteraan SDM para anggotanya.

“Dengan beasiswa kuliah, para wartawan Kota Bandung bisa menimba ilmu dan menghasilkan wartawan yang profesional khususnya dalam menyampaikan program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung,”ujarnya usai penandatangan kerjasama.

Baca Juga:  Gebrakan Bupati Cantik Atasi Masalah Sampah Di Purwakarta

Dijelaskan, penandatangan MoU dengan perguruan tinggi tersebut senada dengan PD/PRT PWI yakni menyelenggarakan, mendorong, dan membantu pendidikan serta pelatihan kewartawanan dan aspek lain yang berkaitan dengan kompetensi dan profesionalisme pers.

Lelaki yang akrab disapa Andy ini mengingatkan kepada seluruh wartawan di Kota Bandung dapat mewujudkan misi organisasi melalui pemberitaan yang berimbang, berintegritas dan edukatif sehingga dapat memberikan kontribusi dalam membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“HPN 2021 dilaksanakan di masa pendemi diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengelola demokrasi di Indonesia dan membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi,” ujar Andhy sapaan akrabnya.

Menurut Andy lagi, PWI sebagai salah satu lembaga atau organisasi profesi secara umum mengemban fungsi dan peran, selain melindungi para anggota dan kemandirian serta kewibawaan kelembagaannya secara keseluruhan dengan membina dan menegakkan kode etik.

Baca Juga:  Sosialisasi Pilar Kebangsaan Rambah Desa

“Kolaborasi ini bertujuan untuk meng-upgrade ilmu dari teman-teman wartawan sehingga keluarga PWI Kota Bandung yang ingin mendapatkan tambahan ilmu bisa berkuliah di 2 perguruan tinggi ini secara gratis,” tegas Andy.

Sementara Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana menjelaskan, dengan mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan” HPN tahun 2021 ini, diharapkan menjadi momentum penguatan peran dan konsistensi wartawan dalam membantu mengatasi penyebaran virus corona.

“Saya mengapresiasi peran aktif wartawan Kota Bandung dalam menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat, khususnya dalam membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Saya juga bangga, keluarga besar PWI kota Bandung sangat aktif dalam penyebaran informasi dan pendidikan terkait pandemi, yang mudah-mudahan konsisten hingga persoalan ini benar-benar tuntas,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ratusan Personel TNI dan Polri Jalani Tes Covid-19 Sebelum Amankan Pilkada

Kesepakatan bersama ditandatangani oleh Rektor USB YPKP, Dr. Asep Effendi, SE., M.Si. dan Ketua STAIPI Bandung, DR. Nurmawan, M.Ag.

“Kerja sama ini merupakan bukti kontribusi kampus USB YPKP terhadap Pemkot Bandung dan diharapkan sinergitas positif antara media dengan perguruan tinggi dapat semakin membantu pencapaian program-program untuk Bandung lebih maju,” tandas Asep Effendi.

Dia mengakui, pihaknya memiliki program yang Bakti Sangga Buana untuk anak negeri.Inilah salah satu bukti kontribusi kampus USB YPKP terhadap Pemkot Bandung, yaitu berupa beasiswa untuk anak negeri.

Hal senada disampaikan Ketua STAIPI, Nurmawan bahwa pihaknya menyambut baik kolaborasi bersama PWI Kota Bandung dan ke depan siap mengimplementasikan kerjasama yang saling menguatkan satu sama lain.(red)