BMKG Temukan 14 Lokasi Terdapat Titik Panas Di Sumatera Utara

JABARNEWS I KARO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG)  prediksi terdapat titik panas (Hotspot) di wilayah di Sumatera Utara, berdasarkan pantauan Sensor Modis NOAA20 terdeteksi empat belas (14) titik panas di Wilayah Propinsi Sumatera Utara.

Dari situs yang dilansir BMKG, Sabtu (13/2/2021), daerah yang terdapat titik panas, yakni Kabupaten Tapanuli Tengah terdapat 1 titik panas, Kabupaten Tapanuli Utara terdapat 2 titik panas, Kabupaten Toba terdapat 1 titik panas, Kabupaten Dairi terdapat 4 titik panas, Kabupaten Karo terdapat 4 titik panas dan Kota Sibolga terdapat 2 titik panas.

Baca Juga:  Rendezvouz Pengurus PGRI Purwakarta - PB PGRI Pusat, Geliat Kembangkan Literasi

Perkiraan cuaca, BMKG prediksi pada pagi sampai siang hari diprediksi cerah Berawan di wilayah Sumatera Utara diperkirakan di angka 17 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembabab udara antara 60 sampai 98 persen. Angin Timur Laut-Barat Daya dengan kecepatan 10-20 Km/jam.

Baca Juga:  Sukasari Purwakarta Longsor, Akses Jalan Tertutup

Wilayah yang diprediksi diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada sore dan malam hari terjadi di Kabupaten Langkat, Dairi, Karo, Simalungun, Samosir, Humbahas, Pakpak Bharat, Deli Serdang dan Toba.

Perkiraan gelombang laut di perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias dengan gelombang sedang berkisar 1.25-2,5 meter.

Baca Juga:  Ayam Potong Surplus, GOPAN Dorong Pemerintah Melakukan Pemerataan Distribusi

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin angin mengaku belum mengetahui terdapat 14 titik panas di Kabupaten Karo. Ia akan mencari informasi daerah mana saja lokasi titik panas tersebut.

“Biasanya titik panas kebakaran hutan, tapi kita cari tau dulu ya bang,” katanya.

Penulis: Ahmad Putra