Hujan Deras dan Angin Kencang di Ciamis, Begini Dampaknya

JABARNEWS | CIAMIS – Hujan deras dan angin kencang melanda tiga desa di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Akibatnya, tidak kurang dari 10 rumah warga mengalami kerusakan.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaki Efendi mengungkapkan, hujan deras disertai angin kencang itu terjadi di Desa Pamarican, Desa Bangunsari, dan Desa Sidamulih, pada Sabtu (27/02/2021) sore.

Menurut dia, rumah yang rusak di Desa Pamarican akibat hujan angin dan angin kencang itu meliputi rumah milik Rusmiati (47), warga Dusun Karangcengek, RT 25 RW 7. Kerugiannya mencapai sekitar Rp5 juta.

Baca Juga:  Polda Jabar Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis di Masjid Ujung Berung

Selain itu, rumah milik Yatin (80) di Dusun Karangcengek, RT 26 RW 6 juga rusak, dengan nilai kerugiannya ditaksir sampai Rp15 juta. Rumah milik Ma’in (65), warga Dusun Karangcengek, RT 25 RW 8, juga rusak dengan kerugian sekitar Rp10 juta.

“Rumah rusak di tiga desa di Pamarican Ciamis itu salah satunya rumah milik Choerur Riyadi, usia 43 tahun, warga Dusun Kubangpari, RT 11 RW 1, Desa Bangunsari. Jumlah kerugiannya sekitar Rp5 juta,” terangnya.

Baca Juga:  Soal Kepulangan HRS dari Arab, MUI Jabar Katakan Begini

Di Desa Bungunsari, papar dia, hujan deras dan angin kencang juga merusak rumah Muhsinah Hapsary Syaban (45), warga Dusun Bangunsari, RT 5 RW 2, dengan kerugian sekitar Rp5 juta.

Kemudian rumah milik Aji Purnomo (56), warga Dusun Kubangpari, RT 2 RW 2, Desa Bangunsari. Rumah milik Puji Risyanto (38), warga Dusun Kubangpari, RT 2 RW 2, Desa Bangunsari.

Rumah rusak lainnya di Desa Bangunsari yaitu milik Dedeh Hermawan (59), warga Dusun Karangsari, RT 12 RW 4. Lalu rumah milik Wawan Rusnawan (55), warga Dusun Karangsari, RT 10 RW 3.

Baca Juga:  Kinerja ASN di Purwakarta Akan Diawasi Tim Eksternal

“Untuk Desa Sidamulih hanya ada satu rumah yang rusak, yaitu rumah milik Rohman, usia 73 tahun, warga Dusun Karanganyar, RT 12, RW 4,” terangnya.

Baehaki menambahkan, rumah yang rusak akibat hujan angin dan angin kencang rata-rata terjadi pada bagian atas rumah. Bahkan, ada rumah yang sampai tertimbun di dalam pasar. 

Di Desa Sidamulih, hujan deras disertai angin kencang juga turut menumbangkan sebuah pohon, hingga menimpa satu rumah. (Red)