DPMD Karawang: Partisipasi Pilkades 2021 Capai Angka 90 Persen

JABARNEWS | KARAWANG – Partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak jilid II tahun 2021 mencapai angka 90 persen. Sebagaimana dilihat dari hasil penghitungan suara, Minggu (21/3/2021) kemarin.

Kasi Tata Kelola Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Andri Irawan mengatakan berdasarkan pemantauan tim kabupaten bahwa tingkat partisipasi memilih di pilkades tahun 2021 ini mencapai 90 persen, berbeda dengan tahun lalu yang hanya mencapai 70 persen.

Baca Juga:  Nobar Piala Dunia Di Polres Purwakarta

“Peningkatan ini salah satunya adalah faktor TPS yang berada di lingkungan masing-masing, dan relatif renggang atau tidak perlu berdesak-desakan untuk dapat memberikan suara,” jelasnya, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga:  Ribuan Karyawan Pertamina Demo

Lebih lanjut Andri menyebut, pada pilkades serentak gelombang II ini terdapat peningkatan partisipasi masyarakat untuk menunaikan hak pilihnya di desa yang terbilang dengan partisipasi rendah sekalipun.

“Bahkan pada pilkades 2021, desa dengan tingkat partisipasi terendah pun menembus angka 70,05 persen, dan desa dengan tingkat partisipasi tertinggi mencapai 98,18 persen,” katanya.

Baca Juga:  Meski Pandemi Covid-19, Oded Tidak Lengah Abaikan Bahaya Narkoba di Kota Bandung

Andri menambahkan kalau membedakan berdasarkan kelompok desa urban-rural, maka desa dengan karakteristik yang jauh dari perkotaan itu rata-rara menyentuh tingkat partisipasi melebihi 90 persen.

“Kami berharap ini bisa menjadi modal legitimasi untuk kades terpilih nanti dalam melaksanakan pembangunan desa secara efektif,” pungkasnya. (Red)