• Senin, 27 September 2021

AMSI Jabar Apresiasi Program Fellowship PJT II Untuk Awak Media Di Purwakarta

- Kamis, 1 April 2021 | 13:00 WIB
Ketua AMSI Jabar, Riana A. Wangsadiredja bersama Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso, dalam acara Media Fellowship Program Perum Jasa Tirta II (PJT II), Rabu (31/3/2021), (Foto: Istimewa)
Ketua AMSI Jabar, Riana A. Wangsadiredja bersama Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso, dalam acara Media Fellowship Program Perum Jasa Tirta II (PJT II), Rabu (31/3/2021), (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi kegiatan Media Fellowship Program Perum Jasa Tirta II (PJT II), Rabu (31/3/2021), di tengah tantangan industrialisasi pers modern.

Ketua AMSI Jabar, Riana A. Wangsadiredja mengatakan momen media fellowship program ini bisa menjadi setengah dari satu kesatuan utuh dalam peningkatan kualitas konten media massa saat ini.

"Program ini menjadi bagian menumbuhkembangkan kualitas konten media massa, dan lingkungan bisnis media. Pers akan bisa berdiri kokoh apabila bertumpu pada tiga pilar penyangga utama yang satu sama lain berfungsi saling menopang, yakni Pilar idealisme, komersialisme, dan profesionalisme," ujar Riana.

Ia menjelaskan, tantangan pers saat ini bukan pada ranah-ranah yang bersifat pragmatisme semata. Mengingat, saat ini persaingan jurnalis dihadapkan dengan tantangan persaingan pers yang mengharuskan memiliki konten yang berkualitas.

Disisi lain, ia juga menekankan bahwa kesejahteraan jurnalis di daerah saat ini, tak lagi menjadi persoalan yang prinsip. Namun, masalah jurnalis saat ini yakni bagaimana bisa meningkatkan kualitas konten, kompetensinya sebagai insan pers, dan keberlangsungan bisnis perusahaan medianya tempat bernaung.

"Kualitas konten yakni konten pemberitaan harus disandarkan pada kepentingan publik. Permasalahan kesejahteraan jurnalis, bukan lagi hal yang mesti kita perdebatkan. Sudah selesai. Jurnalis media mainstream di Purwakarta saja, saat ini ada yang sukses di bidang lain," ujarnya.

Bagi Riana, dengan kualitas konten yang baik, pers nusantara akan lebih berkualitas. Termasuk jika kompetensi insan persnya terjamin, iklim jurnalistik nusantara akan tetap sehat.

Dengan begitu, Riana berharap dengan adanya program ini, Jasa Tirta II bisa memberikan konten berkualitas dengan praktik informasi yang terbuka, edukatif, dan berbasis data.

Terakhir, perusahaan media saat ini menghadapi ekosistem bisnis yang belum sehat. Maka, program seperti ini yang dilakukan PJT ada salah satu upaya membantu bisnis media menjadi sehat.

“Jasa Tirta II sebagai BUMN diharapkan mau bekerjasama advertorial dengan perusahaan-perusahaan pers, dan mendukung semua program peningkatan kapasitas dan kompetensi insan pers,” tutup Riana.

Untuk diketahui, Perum Jasa Tirta II (PJT II) telah mengadakan kegiatan Media Fellowship yang diikuti oleh jurnalis di Kabupaten Purwakarta, Rabu (4/1/2021). Para peserta tersebut tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). (Red)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

DPC PPP Purwakarta Bakal Gelar Muscab, Siapa Calonnya?

Senin, 27 September 2021 | 19:24 WIB

Jatuh ke Laut, Pria Asal Asahan Ditemukan Tewas

Senin, 27 September 2021 | 10:45 WIB

Lapas IIB Purwakarta Pasang Panic Button, Ini Fungsinya

Senin, 27 September 2021 | 10:32 WIB

Apotek di Kota Bandung Diminta Tampilkan Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 09:46 WIB
X