Para Guru Di Bandung Barat Tanyakan Sertifikasi Yang Belum Cair, Ini Jawaban Disdik

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Para guru di Kabupaten Bandung Barat mempertanyakan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau sertifikasi guru tahun 2021 yang hingga kini belum juga cair.

Begitu juga dengan sertifikasi guru satu bulan pada tahun 2020, belum keterima. Padahal, pemerintah menjanjikan dibayarkan bersamaan dengan triwulan pertama tahun 2021.

Menjawab keluh kesah para guru tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) KBB, Asep Dendi berasalan jika pihaknya masih menunggu penerbitan Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) dari Dirjen Kemendikbud.

Baca Juga:  PT Len Industri Klaim Pendapatan Triwulan III/2018 Lampaui Target

SK inilah yang menjadi acuan pencairannya dana sertifikasi guru, baik carry over satu bulan pada tahun 2020, maupun tahun sekarang.

“Tenang saja (cair), kita sedang berproses. Mudah-mudahan bisa cair secepatnya,” ujar Asep Dendi, didampingi Kepala Bidang Pembinaan SD, Rustiyana di Ngamprah, Kamis (15/4/2021).

Ia memastikan, dana sertifikasi guru tersebut bakal cair kendati tidak secepat yang diharapkan. Untuk sertifikasi satu bulan tahun 2020, juga tidak bakalan hilang karena itu merupakan janji pemerintah pusat.

Baca Juga:  Begini Cara Mengisi Angin Ban Tubles Dengan Benar, Simak!

Belum cair sertifikasi guru satu bulan, bukan hanya di KBB saja. Melainkan terjadi di seluruh Indonesia, yang didistribusikan pada guru seluruh tingkatan.

“Jadi bukan hanya guru TK, SD, SMP saja. Guru SMA yang di bawah naungan pemerintah propinsi juga, sama belum nerima. Mohon maklum dan bersabar saja,” ujarnya.

Asep Dendi juga mengatakan, proses pencairan sertifikasi guru ini dicairkan secara bertahap. Disdik KBB dalam proses pencairannya berpatokan pada SKTP dari Dirjen Kemendikbud.

Baca Juga:  Gus Yaqut Tegaskan Tak Ada Dispensasi Mudik untuk Santri

“Data-datanya kita ajukan ke pusat. Nanti pusat yang melakukan Verivikasi, kemudian mengeluarkan SKTP, yang jadi acuan pemcairannya,” ujarnya.

Rustiyana menambahkan, jumlah guru SD di KBB yang tersebar di 16 kecamatan ini sebanyak 4.600 orang. Kebutuhan keseluruhan anggaran untuk guru SD, termasuk 16 guru TK PNS ini mencapai Rp68 miliaran.

“Besaran sertifikasi yang diterima guru, senilai gaji pokok per bulannya. Jadi besarannya berbeda-beda,” katanya. (Red)