Tiga Paskibraka Asal Garut Lolos Ke Tingkat Nasional dan Jabar, Ini Kata Rudi Gunawan

JABARNEWS | GARUT – Calon Paskibraka asal Garut lolos ke tingkat nasional dan tingkat provinsi. Dua orang ke tingkat nasional, satu orang cadangan, dan satu orang ke tingkat Jawa Barat.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, bangga dengan lolosnya tiga orang capaska yang telah mengharumkan nama Kabupaten Garut tersebut.

“Hari ini Kabupaten Garut sangat bangga karena kami meluluskan satu orang paskibra ke tingkat nasional atas nama Kiara dari SMAN 1 Garut dan satu orang ke Provinsi Jawa Barat atas nama Nurmalia juga dari SMAN 1 Garut juga satu orang laki-laki dari SMKN 2 Garut atas nama Dikri hebat luar biasa,” ujar Rudy di Gedung Command Center, Komplek Pendopo Garut, dilansir pada Kamis (15/4/2021)

Baca Juga:  Lewat Pukulan "Ajaib", Marcus/Kevin Sabet Juara All England 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko, menyebutkan, sebelumnya telah mengirimkan tiga orang ke Jawa Barat dan nasional, namun tidak disangka semuanya lolos seleksi.

“Ini sebetulnya prestasi Garut untuk saat ini. Kita mengirimkan 3 ke Jawa Barat, untuk ke nasional dan Jawa Barat, ternyata tidak ada yang kembali, semua lolos. Dan khusus untuk putri ke nasionalnya itu dari Garut ya, terus cadangannya juga dari Garut. Jadi ranking 1 dan 2 itu Garut. Jadi final itu Garut lawan Garut untuk ke nasional,” ujarnya.

Baca Juga:  Bunda Literasi Kota Cirebon Luncurkan Program Kolecer

Sementara itu, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Garut, Heri Juliardi Taufiq, mengatakan, meskipun dalam kondisi pandemi, pihaknya tetap melaksanakan seleksi dengan sungguh-sungguh dan juga selektif untuk mencari peserta terbaik yang akan mewakili Kabupaten Garut.

“Jadi kalau di tahun ini yang memang luar biasa adalah selektif ketika dalam kondisi pandemi ini, nah ini yang membuat kita betul-betul dari para pembina dan juga kita sendiri betul-betul selektif dalam menyeleksi para peserta ini untuk yang terbaik di antara yang lain,” katanya.

Baca Juga:  Bisa Cegah Kanker Hingga Jantung, Ini Manfaat Jeruk

Heri menuturkan, untuk selanjutnya peserta yang lolos ini akan mengikuti pelatihan di tingkat kabupaten terlebih dahulu. Kemudian, pada bulan Juli dan Agustus peserta sudah mulai memasuki asrama ataupun rindam.

“Insyaallah untuk rekan-rekan adek-adek kita ini yang tiga ini pertama akan kita lakukan pelatihan di tingkat kabupaten bersama dengan pasukan paskibraka kabupaten. Kemudian untuk yang nasional itu bulan juli tepatnya sekitar 16 juli itu sudah masuk asrama di Cibubur kemudian yang tingkat Jawa Barat per satu agustus sudah masuk ke Rindam,” ujarnya. (Red)