Lonjakan Pemudik Motor Terjadi di Cirebon, Meingkat 200 Persen

JABARNEWS | CIREBON – Kapolresta Cirebon, Jawa Barat, Kombes Pol M. Syahduddi mengatakan pemudik yang menggunakan sepeda motor mendekati Lebaran 1442 H terus meningkat bahkan mencapai 200 persen dibanding hari biasa.

“Kalau tadi malam sangat signifikan, peningkatan 100 sampai 200 persen, dibanding dengan hari biasa,” kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi di Cirebon, Senin (10/05/2021).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Minta Mendagri Ingakan Lagi Prokes Kepada Kepala Daerah

Menurut dia, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dari hari ke hari terus meningkat, terutama ketika memasuki malam hingga dini hari, di mana mereka bergerak dengan bergerombol.

Bahkan, kata Syahduddi, pihaknya pada Minggu malam hingga Senin dini hari telah memutar balikkan sebanyak 6.000 sepeda motor pemudik yang melintas di pos penyekatan Weru.

Baca Juga:  Malam Tahun Baru, Purwakarta Dikepung Banjir

Ia memprediksi gelombang pemudik yang menggunakan sepeda motor akan terus bertambah, meskipun pemerintah telah resmi melarang mudik Lebaran 1442 H.

“Kami perkirakan nanti malam juga akan terjadi peningkatan arus kendaraan yang mengarah ke Jateng melalui arteri dan kami sudah siapkan cara bertindak, agar mereka tidak lolos dari penyekatan,” tuturnya.

Baca Juga:  Menggembleng Calon Atlet Nadional Di Perguruan BKC Purwakarta

Syahduddi menambahkan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang bergerombol, pihaknya telah mempersiapkan dan menambahkan personel jaga terutama di pos penyekatan Weru.

“Dari semula hanya 30-an orang, kita tambah menjadi 150 petugas,” katanya. (Red)