Banjir Bandang Terjang Cigudeg Bogor, Ratusan Keluarga Terdampak

JABARNEWS | BOGOR – Banjir bandang menghadang tiga desa di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akibat meluapnya aliran kali Cidangder ada Senin (17/5/2021). Sebanyak 473 keluarga terdampak akibat Banjir Bandang tersebut.

“Data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) sebanyak 473 keluarga terdiri dari 1.898 jiwa terdampak banjir bandang ini,” ujar Bupati Bogor, Jawa Barat Ade Yasin, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga:  Kejari Ungkap Dugaan Korupsi Hibah 2018 di Tasikmalaya, Kerugian Capai Rp5,28 Miliar

Adapun tiga desa di Kabupaten Bogor tersebut yang terdapak banjir yakni Desa Rengasjajar, Tegalega, dan Batujajar.

Ade Yasin menilai, meski tidak ada korban jiwa, 17 jiwa di antaranya mengungsi ke rumah kerabat yang rumahnya tak terdampak banjir bandang.

Ade Yasin menyebutkan banjir yang disebabkan oleh luapan anak Sungai Cidurian itu, membuat tanggul pembatas kali jebol, sehingga air masuk ke pemukiman.

Baca Juga:  Ini Dakwaan Kepada Wali Kota Cimahi Non Aktif

Air sungai yang merendam permukiman sekitar 1-1,1 meter itu kemudian berangsur surut hingga pukul 22.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Yani Hasan merinci bahwa ratusan korban banjir bandang tersebar di tiga desa, yaitu di Desa Rengasjajar 257 keluarga terdampak dengan enam rumah rusak sedang dan dua rumah rusak berat.

Baca Juga:  Info Penting Bagi Yang Hendak Kuliah, Penerima Beasiswa Bidikmisi Ditambah Hingga 130.000 Orang

Kemudian di Desa Batujajar, 100 keluarga terdampak dimana 10 rumah rusak ringan dan dua rumah rusak sedang.

“Sedangkan di Tegalega agak parah. Ada 116 KK terdampak, 111 rusak ringan dan empat rusak berat,” kata Yani Hasan. (Red)