• Selasa, 28 September 2021

Gempa Magnitudo 2,5 Danau Toba, Guncangan Dirasakan di Dua Kecamatan

- Senin, 24 Mei 2021 | 10:55 WIB
Ilustrasi (Foto: Net)
Ilustrasi (Foto: Net)

JABARNEWS I SAMOSIR – Besar Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa tektonik kekuatan magnitudo 2,5 guncang sekitar danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (23/5/2021) pada pukul 22.30 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, episenter gempa tektonik terletak pada koordinat 2.59  Lintang Utara dan 98.75 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 6 km Tenggara, Samosir  di kedalaman 2 km.

“Guncangan gempa dirasakan di Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir,” katanya, Senin (24/5/2021).

Kata dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat dari kombinasi sesar lokal dan swarm

“Aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya sangat tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal,” ungkap Hartanto.

Masih kata dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dan belum ada laporan kerusakan bangunan  yang disebabkan guncangan gempa tersebut.

“Sampai dinihari tidak ada aktivitas gempa susulan dan tidak ada laporan kerusakan disebabkan gempa,” bilangnya.(Ptr)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

X