Gempa Magnitudo 2,5 Danau Toba, Guncangan Dirasakan di Dua Kecamatan

JABARNEWS I SAMOSIR – Besar Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa tektonik kekuatan magnitudo 2,5 guncang sekitar danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (23/5/2021) pada pukul 22.30 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, episenter gempa tektonik terletak pada koordinat 2.59  Lintang Utara dan 98.75 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 6 km Tenggara, Samosir  di kedalaman 2 km.

Baca Juga:  Kembali Main Pasca Cedera, Kim Pastikan Main Maksimal

“Guncangan gempa dirasakan di Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir,” katanya, Senin (24/5/2021).

Kata dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat dari kombinasi sesar lokal dan swarm

Baca Juga:  Impor Produk Hortikultura, AS Gugat Indonesia Rp 5 Triliun

“Aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya sangat tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal,” ungkap Hartanto.

Baca Juga:  Diiming-imingi Investasi, Warga Sekampung Di Tasikmalaya Tertipu Rp500 Juta

Masih kata dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dan belum ada laporan kerusakan bangunan  yang disebabkan guncangan gempa tersebut.

“Sampai dinihari tidak ada aktivitas gempa susulan dan tidak ada laporan kerusakan disebabkan gempa,” bilangnya.(Ptr)