Cuma Kota Cirebon yang Zona Merah, Ridwan Kamil Ungkap Alasannya

JABARNEWS I BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Kota Cirebon menjadi satu-satunya daerah di wilayah Jawa Barat yang masuk dalam zona merah COVID-19 pada pekan ini.

“Tentunya kami akan fokus dua pekan ke depan karena kami menduga Kota Cirebon itu jadi tujuan perlintasan mudik, juga destinasi pariwisata. Kami akan melakukan proses pergerakan memastikan Kota Cirebon tidak (zona) merah,” kata Ridwan Kamil seusai Rapat Koordinasi terkait Penanganan COVID-19 di Bandung, Senin (24/5/2021).

Ridwan Kamil mengatakan rumah sakit alami kenaikan pasien, walau tidak signifikan hanya satu persen dan sebelumnya tingkat keterisian rumah sakit di Jabar sempat menyentuh 29 persen sekarang 30 persen.

Baca Juga:  Jangan Asal! Begini Tips Aman Transaksi Digital

“Jadi pola di akhir tahun kita waspadai agar tidak ada lompatan (kasus COVID-19) masih aman terkendali,” kata Ridwan Kamil.

Menurut dia, berdasarkan evaluasi selama Lebaran sangat-sangat baik karena lebih dari setengah juta kendaraan sudah diperiksa dan sekitar 220 ribuan pemudik berhasil dibalik-kanankan.

Selain itu, kendaraan yang keluar juga hampir sama 300 ribu dan begitu juga yang datang ke Jabar juga sama masih ada yang belum kembali sekitar 30 ribuan kendaraan.

Baca Juga:  Jelang Musda KNPI, Pemuda Pancasila Purwakarta Siapkan Kader Terbaik

“Kami antisipasi dengan antigen random sampling di 17 titik itu kita lakukan. Saya ucapkan apresiasi kepada desa-desa yang melakukan isolasi mandiri,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga mengapresiasi Kota Bandung yang cakupan vaksinasi COVID-19 di kalangan lansia sudah di atas 30 persen dan hal ini menandakan Kota Bandung layak menjadi contoh.

“Jawa Barat itu penduduk sangat besar. Tapi kalau jumlah aslinya mendekat empat juta yang berhasil. Ini evaluasi yang terus kita lakukan,” ujar dia.

Baca Juga:  Ramalan Zodik Gemini 9 April 2022, Tetaplah Menjadi Diri Sendiri

Ridwan Kamil menuturkan vaksinasi harus terus ditingkatkan, walaupun secara teori kita bisa kembali normal secepatnya. Selain itu, Pemprov Jabar juga akan terus melakukan pengetesan kepada orang yang pulang dari luar negeri.

“Kami lakukan tes tapi belum ada hasilnya, apakah dia kena COVID-19 atau dengan varian baru. Karena yang namanya COVID-19 memang terus bermutasi,” kata Ridwan Kamil. (Red)