Ombak Tiga Meter Rusak Ratusan Bangunan Pondok Wisata di Sergai

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Ombak laut dengan ketinggian 3 meter merusak ratusan bangunan pondok milik warga di lokasi wisata yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Salah satu terdampak kerusakan lokasi wisata pantai Sentang, di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai. Puluhan bangunan pondok milik warga rusak diterjang ombak besar. Selain itu pasir laut menimbun lokasi wisata dengan ketinggian mencapai 30 cm.

Baca Juga:  DPRD Jabar Sosialisasikan Program Pemprov Dan Serap Asiprasi Saat Reses

Seorang pedagang di pantai Sentang, Ana mengatakan, ombak besar terjadi saat gerhana bulan. Saat pengunjung berada di pantai, tiba-tiba ombak dengan ketinggian 3 meter bergulung menuju daratan. Pengunjung sempat panik dan lari menyelamatkan diri.

“Ombaknya besar kali macam tsunami, pengunjung lari ketakutan dan menyelamatkan diri semua,” katanya, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga:  Berikut DCS Pemilu Legislatif 2019 Di Kabupaten Cianjur

Dijelaskannya, ombak besar terus bergulung membawa air laut ke darat hampir 7 jam mengakibatkan lokasi wisata tergenang air dan pasir.

“Kerugian belasan juta, karena belasan pondok rusak terbawa ombak,” ucap Ana.

Terpisah, pengelola wisata pantai Sentang, Sapri mengatakan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, namun sejumlah pondok milik warga yang ada di bibir pantai rusak dan pohon Pinus banyak yang tumbang akibat diterjang ombak besar.

Baca Juga:  Pemkab Tetapkan Tasikmalaya Darurat Kekeringan

“Bersyukur tidak ada korban jiwa, sebab saat ombak besar datang, pengunjung sedang berada di pantai lari menyelamatkan diri,” bilangnya. (Ptr)