Begini Cara Polsek Wanayasa Ingatkan Protokol Kesehatan di Objek Wisata

JABARNEWS | PURWAKARTA – Polres Purwakarta memang selalu berpatroli untuk melihat kondisi jalanan di berbagai wilayah. Selain itu, mereka juga sambil memerangi kejahatan yang sering terjadi di jalanan.

Umumnya ketika berpatroli polisi akan menggunakan kendaraan operasional seperti sepeda motor ataupun mobil.

Berbeda di wilayah lainnya, Polsek Wanayasa yang menjadi bagian dari Polres Purwakarta memiliki cara baru dengan menggunakan kuda untuk bersiaga di berbagai jalan demi meningkatkan keamanan bagi masyarakat.

Kapolsek Wanayasa, AKP Darmaji mengatakan, patroli ini dilakukan Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat yang terus dilakukan sewaktu-waktu bila dibutuhkan. 

Baca Juga:  Gelap-gelapan Dalam Mobil, Dua Honorer Pemprov Jabar Terciduk Mojok di Terminal Indihiang Tasikmalaya

“Tujuan dilaksanakan Patroli Berkuda adalah untuk meminimalkan niat dan kesempatan bagi pelaku-pelaku tindak kejahatan (Kriminal) khususnya di objek wisata yang ada di Kecamatan Wanayasa,” ungkap Darmaji, Pada Senin (31/5/2021).

Perwira murah senyum ini menjelaskan bahwa sengaja memilih patroli di objek wisata, karena Patroli Berkuda lebih efektif daripada melaksanakan patroli bermotor dan patroli menggunakan mobil.

Baca Juga:  Video: Gudang Penimbunan Solar di Bandar Lampung Meledak

“Patroli berkuda juga dilaksanakan sebagai bentuk patroli dialogis dengan sasaran masyarakat maupun wisatawan yang berlibur di objek wisata di Kecamatan Wanayasa,” ucap Darmaji.

Tak hanya itu, sambung dia Patroli Berkuda ini juga pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat agar agar waspada dan tetap menjalankan anjuran pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi ini.

“Sambil berpatroli, Kami tak akan pernah lelah dan terus memberikan imbauan agar warga mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi ini masih belum selesai,” imbuhnya.

Baca Juga:  Panglima TNI Silaturahmi Ke Ponpes Buntet Cirebon

Kapolsek Wanayasa, mengajak semua elemen masyarakat untuk bergerak saling mengingatkan agar masyarakat sadar melaksanakan protokol kesehatan.

“Untuk itu, pencegahan harus dilakukan sejak dini melalui 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi juga operasi yustisi secara rutin juga sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (Gin)