• Senin, 27 September 2021

Covid-19 Varian Delta ditemukan di Karawang, Ini Langkah Bupati Purwakarta

- Selasa, 22 Juni 2021 | 11:15 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. (Foto: Istimewa).
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | PURWAKARTA - Adanya varian baru Covid-19 dalam pasien yang teridentifikasi sebagai virus corona varian Delta di Kabupaten Karawang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan antisipasi masyarakatnya terhadap varian Covid-19 baru berasal dari Negara India itu.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengimbau masyarakat Kabupaten Purwakarta agar menurunkan atau mengurangi mobilitas bepergian ke daerah Karawang terkecuali kepentingan penting.

Hal tersebut dikarenakan adanya perkembangan Covid-19 varian baru tersebut di wilayah Kabupaten Karawang yang mana merupakan wilayah tetangga dari Kabupaten Purwakarta tersebut.

"Ya tentu kita juga perlu upaya dan langkah, yang pertama saya tegaskan kepada masyarakat hati-hati kita akan membatasi warga Karawang yang akan ke kita maupun sebaliknya," tutur wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu, pada Selasa (22/6/2021).

Ia menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi bersama perusahaan-perusahaan yang bilamana karyawannya berasal dari Kabupaten Karawang untuk diawasi secara ketat demi penyebaran Covid-19 varian baru tersebut tidak terkonfirmasi di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Nanti kita akan dikomunikasikan kepada perusahaan-perusahaan, supaya nanti karyawan-karyawannya yang berdomisili di Karawang itu juga harus diawasi cukup ketat," imbuhnya.

Ambu Anne mengungkapkan, sampai saat ini untuk di Kabupaten Purwakarta sendiri tidak ditemukan varian yang berasal dari India tersebut, namun pihaknya tetap akan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah sampai hari ini yang varian Delta itu tidak ada dan jangan sampai ada di Purwakarta," harapnya.

Sebelumnya, pihak dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah mengkonfirmasi bahwa adanya varian virus Covid-19 Delta yang berasal dari India tersebut sudah ditemukan di Kabupaten Karawang.

Dari jumlah ini, sebanyak 66 telah diidentifikasi dan 44 sampel mengandung virus SARS-CoV-2 varian Delta.

Saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, beberapa wilayah seperti Jakarta, Kudus, dan Bangkalan melaporkan adanya varian baru Covid-19 dalam pasien yang teridentifikasi sebagai virus korona varian Delta. (Gin)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Jatuh ke Laut, Pria Asal Asahan Ditemukan Tewas

Senin, 27 September 2021 | 10:45 WIB

Lapas IIB Purwakarta Pasang Panic Button, Ini Fungsinya

Senin, 27 September 2021 | 10:32 WIB

Apotek di Kota Bandung Diminta Tampilkan Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 09:46 WIB
X