BMKG Catat 3 Kali Gempa Guncang Nias Barat dalam Sejam

JABARNEWS I NIAS BARAT –  Jumat (25/6/021) malam ini gempa bumi guncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara sebanyak 3 kali. Tidak ada laporan masyarakat merasakan guncangan gempa dan tidak berpotensi tsunami. 

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mencatat, gempa bumi bermagnitudo 3,9 terjadi pukul 18.03 WIB, titik koordinat 0,16 Lintang Utara dan 96,76 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 118 km Barat Daya, Nias Barat di kedalaman 58 Km.

Baca Juga:  Berkas Habib Bahar Dilimpahkan Ke PN Bandung

Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, gempa susulan bermagnitudo 3,9 pada pukul 18.10 WIB, kemudian gempa bumi bermagnitudo 3,6 pada pukul 18.19 WIB. Titik koordinat 0,08 Lintang Utara dan 96,81 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 122 km Barat Daya, Nias Barat di kedalaman 16 Km.

Baca Juga:  Pelajar Tebing Tinggi Ikuti Vaksinasi Massal, Ini Harapan Umar Zunaidi

“Data BMKG terjadi 3 kali gempa dalam sejam,” ucapnya.

Kata dia, penyebabnya terjadinya gempa bumi di Kabupaten Nias Barat akibat aktivitas subduksi. Tidak ada laporan masyarakat  terdampak dari gempa dirasakan masyarakat dan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Rokhmin Dahuri: Jangan Sampai Politik Bikin Kita Bermusuhan

“Penyebab gempa akibat aktivitas subduksi, namun tidak ada laporan dirasakan masyarakat serta tidak berpotensi tsunami,” terang Hartarto.

Terpisah, Kepala BPBD Nias Barat, Filifo Daeli mengatakan, gempa bumi terjadi sebanyak 3 kali tidak dirasakan masyarakat Nias Barat dan tidak ada laporan berpotensi tsunami.

“Belum ada laporan masyarakat yang merasakan guncangan gempa,” terang dia. (Ptr)