Tepis Keinginan Uu Ruzhanul Ulum, Ridwan Kamil Tegaskan Tak Ada Lockdown

JABARNEWS I BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menegaskan tidak akan melakukan karantina wilayah atau lockdown.

Menurut dia, penanganan COVID-19 di Jabar sampai saat ini belum memberlakukan status lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Saat ini Satgas COVID-19 Jabar masih fokus pada pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Kita tidak ada wacana lockdown atau PSBB karena kewenangan itu ada di pemerintah pusat. Jadi kita ikuti arahan pemerintah fokus pada PPKM Mikro,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Senin (28/6/2021).

Baca Juga:  Kartu Sembako Bakal Jadi Syarat Beli Elpiji 3 Kg Pada 2022, Begini Cara Mendapatkannya

Kalaupun mau ada kebijakan lockdown, terang dia, maka itu dilakukan per RT atau per desa. Jadi tidak berbasis kota atau kabupaten dulu.

Pernyataan Ridwan Kamil yang menolak wacana lockdown di Jawa Barat itu sekaligus menepis keinginan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum untuk menerapkan lockdown, yang dipicu oleh peningkatan kasus Covid-19 di Jabar.

Baca Juga:  Skuad Maung Bandung Diminta Untuk Latihan Mandiri Lagi, Kenapa?

Sebelumnya, Uu Ruzhanul Ulum mengaku akan menyampaikan usulan lockdown itu langsung kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

Menurut Uu Ruzhanul Ulum, kebijakan yang saat ini diberlakukan kurang efektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Dia pun menilai bahwa kebijakan lockdown pasti akan ada konsekuensinya. Meski begitu, menurut Uu, hal itu bukan masalah asal penyebaran Covid-19 dapat ditekan.

Baca Juga:  Forkasi Berhasil Mendapat Anugerah Forum Anak Terbaik Jawa Barat

Ia pun menegaskan bahwa lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini tak bisa ditangani dengan cara biasa. Sebab, sudah dalam beberapa pekan terakhir, kasus Covid-19 terus melonjak. 

Dampaknya, saat ini hampir seluruh rumah sakit kewalahan menangani pasien Covid-19. Angka kematian akibat Covid-19 juga terus meningkat. (Red)