Kecanduan Game Online, Pelajar SMP di Ciamis Alami Kelumpuhan

JABARNEWS | CIAMIS – Seorang anak di yang masih duduk di bangku SMP asal Rancah, Kabupaten Ciamis terbaring lemah tak berdaya di RSUD Kota Banjar. Anak itu mengalami kelumpuhan karena kecanduan bermain game online.

Keranjingan main hp menjadi penyebab anak itu mengalami kelumpuhan. Bagaimana tidak, sepanjang hari dari siang sampai malam, anak itu terus bermain game.

Kakinya ini memang cukup lama tidak digerakkan, karena selama setahun ini, anak itu hanya bermain Mobile Legend (ML) sambil rebahan di tempat tidur.

Baca Juga:  MUI Serukan Umat Islam di Indonesia Galang Dana Kemanusiaan untuk Palestina

Menanggapi kejadian itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan, sebaiknya orang tua bisa menghindarkan anak-anaknya dari ketergantungan gadget saat berada di rumah, berikan kegiatan-kegiatan yang positif sehingga anak-anak melupakan gadgetnya.

“Boleh saja menggunakan gadget tapi jangan terus berjam-jam. Sekarang ada kasus seorang anak yang lumpuh karena keseringan main gadget. Nah jangan sampai itu terjadi lagi menimpa yang lain. Jadi arahkan anak-anak pada kegiatan-kegiatan yang positif,” kata Asep, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga:  Ratusan Santri Gerudug DPRD Kabupaten Cirebon, Ini Sebabnya

Pada situasi pandemi seperti sekarang ini peran orang tua harus lebih optimal, jadi perlu perhatian khusus sehingga anak selalu terkontrol dengan baik. “Seperti ketika anak-anak kita bersosial juga perlu menjadi perhatian Karena bersosial sekarang mungkin berbeda dengan zaman Bapak dan Ibu sekalian,” ucapnya.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Ingat Pesan Ibu 3M

Pihaknya pun menegaskan saat ini adalah tahun akhir pelajaran atau tahun 2020/2021, anak-anak libur dan untuk itu maka diupayakan orang tua bisa memberikan pengawasan dan mengarahkan waktu libur mereka kepada kegiatan yang baik.

“semisal disuruh mengikuti kegiatan di mushola, atau hal lainnya dan yang pasti karena kondisi masih Covid-19 maka perlu menerapkan prokes,” tutupnya. (Red)