• Senin, 25 Oktober 2021

PPKM Darurat, 127 Kepala Desa Terpilih di Majalengka Batal Dilantik

- Rabu, 7 Juli 2021 | 23:05 WIB
Ilustrasi- Pilkades serentak. (Foto: Radar Bromo)
Ilustrasi- Pilkades serentak. (Foto: Radar Bromo)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Sebanyak 127 kepala desa (kades) terpilih di Kabupaten Majalengka hasil Pilkades serentak Mei lalu, yang rencananya akan dilantik, Kamis (8/7/2021) batal digelar.

Pembatalan itu menyusul PPKM Darurat yang ikut diberlakukan oleh Pemkab Majalengka. Bahkan, dilansir dari Sindonews, pemerintah setempat belum menentukan kapan pelantikan tersebut akan digelar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Majalengka, Hendra Krisniawan menjelaskan, penundaan pelantikan Cakades terpilih itu sebagai imbas dari adanya PPKM Darurat

Untuk ruang lingkup Majalengka sendiri, bupati telah mengeluarkan SE yang salah satu isinya larangan dihelatnya sebuah acara yang berpotensi mendatangkan kerumunan.

"Iya pelantikan Pilkades diundur. Karena pemberlakuan PPKM Darurat dan Surat Kemendagri no 141/3170/BPD tanggal 5 Juli 2021, perihal penundaan pilkades serentak dan pemilihan antar waktu se-Jawa dan Bali, sehingga diundur,” kata Hendra, Rabu (7/6/2021).

Kendati memastikan pelantikan diundur, namun Hendra mengaku tidak mengetahui kapan pelantikan itu akan dilaksanakan. Dia menjelaskan, pihaknya menunggu masa pemberlakuan PPKM Darurat berakhir, 20 Juli mendatang itu.

"Belum ada tanggal kapan akan dilaksanakan. Yang pasti kami tunggu PPKM Darurat berakhir,” ungkap dia.

Diketahui, sebanyak 127 desa se-Kabupaten Majalengka yang menggelar Pilkades serentak pada 22 Mei 2021 lalu. 

Dalam pelaksanaannya, Satgas COVID-19 mewanti-wanti agar pelaksanaan Pilkades lalu dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes). (Red)

Editor: Yoyo W

Tags

Terkini

Hoax! Uni Eropa Akan Menghentikan Vaksin Covid-19

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:23 WIB
X