Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 500 Meter

JABARNEWS | KARO – Telah terjadi erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Data pos pengamat gunung Sinabung, tinggi kolom abu 500 meter dari atas puncak, Selasa (13/7/2021).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi ± 7 menit 43 detik.

Baca Juga:  Ratusan BAKACADES Di Purwakarta Datangi Kepolisian, Ini Alasannya

Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra membenarkan terjadinya erupsi gunung Sinabung dengan tinggi kolom abu mencapai 500 meter ke arah Timur dan Tenggara.

“Benar, tadi erupsi dengan tinggi kolom abu 500 meter,” ucapnya.

Armen menghimbau masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga:  Gelar Buka Puasa Bersama, Perlasi Purwakarta Santuni Anak Yatim

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,” ungkap Armen.

Armen ingatkan, masyarakat agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

“Bagi yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” bilangnya.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Membangun Rumah Warga

Terpisah seorang warga Karo, Darwis Palawi mengatakan, erupsi hanya 500 meter tidak begitu berpengaruh terhadap hasil pertanian masyarakat sekitar.

“Abu vulkanik tidak begitu pengatuh terhadap hasil pertanian, sebab erupsi tidak begitu besar, namun tetap waspada apabila terjadi erupsi susulan,” ungkap dia. (Ptr)