Banjir di Batu Bara Belum Surut, Ratusan Rumah Masih Terendam

JABARNEWS | BATU BARA – Ratusan rumah di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara masih terendam banjir, ketinggian air hampir 1 meter, Selasa (13/7/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara melaporkan sebanyak 1.451 rumah warga di 11 Desa dari 5 Kecamatan di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara terendam banjir yang terjadi sejak Senin (12/7/2021).

Tidak ada laporan warga yang mengungsi, banjir disebabkan curah hujan cukup tinggi dan meluapnya beberapa sungai membuat seribuan rumah di 5 Kecamatan terendam banjir.

Baca Juga:  Taman Hidroponik Lapas Purwakarta: Sayuran Kangkung Hingga Bayam Mulai Dipanen

Data BPBD setempat, wilayah yang terdampak bencana hidrometeorologi tersebut meliputi Desa Nenasiam dan Desa Sei Buah Keras di Kecamatan Medang Deras. Lalu Desa Bangun Sari di Kecamatan Datuk Tanah Datar, Desa Padang Genting dan Desa Benteng di Kecamatan Talawi.

Baca Juga:  Putra Mas Komitmen Bantu Petani Terkait Ketersediaan Pupuk Subsidi

Kemudian, Desa Kuala Gunung, Desa Air Hitam dan Desa Cahaya Perdomuan di Kecamatan Datuk Lima Puluh dan Desa Perkebunan Sei Balai, Desa Sukorejo, Desa Suka Ramai, Desa Kwala Sikasim dan Desa Perjuangan di Kecamatan Sei Balai.

Warga Desa Sei Bale, Bu Yanti mengatakan, banjir terjadi disebabkan turunnya hujan membuat air sungai meluap hari kedua, banjir mulai surut, namun ratusan rumah masih kerendam banjir.

Baca Juga:  Si Jago Merah Lalap Sebuah Toko Grosir Hingga Hangus

“Hari ini banjir mulai surut, semalam parah kali,” katanya.

Terpisah, Kapolsek Labuhan Ruku, AKP Jagani Sijabat mengatakan, banjir terjadi sejak Senin telah merendam ratusan rumah di Kecamatan Tanjung Tiram.

“Hari ini banjir mulai surut, pak Kapolres tadi sudah memberikan bantuan bagi warga terdampak banjir,” ucapnya. (Ptr)