Insinerator di Tasikmalaya Meledak, Relawan Kebersihan Jadi Korban

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Mesin pengolahan sampah (insinerator) di Tasikmalaya, Jawa Barat, meledak. Satu orang relawan kebersihan alami luka bakar dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Melansir HR Online, peristiwa meledaknya mesin pengolahan sampah (insinerator) itu terjadi di Kampung Jareged, Desa Jayaputra, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (14/07/2021).

Sedangkan, relawan kebersihan yang menjadi korban dalam insiden tersebut bernama Dendi Saputra (32). Korban mengalami luka bakar pada bagian wajahnya, sehingga harus mendapatkan perawatan medis.

Baca Juga:  Survei Indodata: Yossi-Aries dan Nurul-Chairul Melejit, Oded-Yana Melorot

Saat warga membopong korban ke Puskesmas terdekat, kondisi sekujur tubuhnya penuh sisa-sisa pembakaran sampah berwarna hitam akibat meledaknya mesin sampah (insinerator).

Kepala Dusun Jareged, Sopyan Ependi mengatakan, ledakan terjadi dari mesin tungku uap pembakaran sampah, Saat itu korban sedang bakar sampah.

Baca Juga:  Bapenda Jawa Barat Sebut Ada 4,7 Juta Lebih Kendaraan yang Menunggak Pajak Selama 2022

Ia menyebutkan, korban mengalami luka bakar pada bagian mata. Sampai sekarang matanya belum bisa ngebuka, karena bagian mukanya hampir semua mengalami luka bakar.

“Jadi tungku uap itu baru diperbaiki pada sore hari, dan pagi-pagi baru pembakaran. Namun pas siang hari meledak. Kesalahan tersebut tidak tahu apa penyebabnya. Mungkin tungku pembakaran maksimal atau bagaimana,” tutur Sopyan, di RSUD SMC Tasikmalaya.

Baca Juga:  ASN dan PPPK Wajib Tahu, Ini Pernyataan Tegas BKN Soal Rangkap Jabatan

Korban merupakan relawan kebersihan sampah. Sedangkan, alat tersebut baru berjalan 3 minggu. Sedangkan, di tempat lain sudah ada yang berjalan sekitar 1 bulan.

“Sementara ini korban mendapat perawatan dalam ruang IGD RSUD SMC untuk penanganan medis. Agar luka bakarnya cepat kering dan bisa sehat seperti biasanya,” kata Sopyan. (Red)