Kota Bogor Turunkan Alat Berat untuk Penuhi Kebutuhan Penggalian Lubang Makam

JABARNEWS | BOGOR – Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyatakan dengan banyaknya warga yang meninggal karena Covid-19 maka penggalian lubang makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Situ Gede dan TPU Kayumanis, menggunakan alat berat.

“Tingginya permintaan pemakaman untuk jenazah pasien Covid-19, maka kebutuhan penggalian lubang makam harus cepat dan banyak, sehingga tidak bisa lagi secara manual lagi. Saat ini telah menggunakan alat berat untuk kecepatan penggalian,” kata Dedie A Rachim di Kota Bogor, Jumat (17/7/2021

Baca Juga:  Objek Wisata Gunung Kapur Klapanunggal Bogor, Cocok Untuk Para Pecinta Fotografi

Jenazah pasien Covid-19 yang meninggal dunia, ada yang meninggal di rumah sakit dan ada juga yang meninggal di rumah saat menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Berdasarkan data Covid-19 pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jumat hari ini, tercatat sembilan orang meninggal dunia. Dengan tambahan tersebut, pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Bogor seluruhnya ada 315 orang.

Baca Juga:  Bawaslu Kab Subang Siap Terbuka Terima Kritik Dan Saran

Sedangkan, berdasarkan data Tim Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Covid-19 Kota Bogor yang dipimpin Rino Indira Gusniawan, menyebutkan, Tim Pemulasaraan telah memulasarakan dan memakamkan jenazah pasien Covid-19 sebanyak 65 orang, sejak tim pemulasaraan itu dibentuk pada 4 Juli lalu.

Dedie A Rachim saat mendampingi Anggota Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno, menilai lokasi pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Situ Gede, Kota Bogor, Kamis (15/7), mengatakan, pasien COVID-19 yang meninggal dunia meningkat, sedangkan tenaga penggali lubang makamnya terbatas, sehingga mengalami kelelahan.

Baca Juga:  Objek Wisata di Kabupaten Bandung Ditutup Selama Sepekan

Pada kesempatan tersebut, Eddy Soeparno, memberikan insentif kepada penggali makam di lokasi TPU tersebut, untuk meningkatkan motivasi bekerja.

Saat mendampingi Eddy Soeparno, Dedie A Rachim juga menyatakan, Pemerintah Kota Bogor mungkin meminta bantuan alat berat melalui DPR RI untuk ditempatkan di TPU lainnya untuk jenazahCovid-19. (Red)