7 Orang Positif, Kecamatan Sukasari di Purwakarta Tak Lagi Zona Hijau

JABARNEWS | PURWAKARTA – Setelah dua pekan berada berada di Zona Hijau, kasus Covid-19 muncul di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kecamatan Sukasari sempat masuk zona hijau dengan tidak ditemukannya kasus positif Covid-19 pada 6-15 Juli 2021. Hal itu cukup memberikan harapan, semua kecamatan di Purwakarta bisa bebas Covid-19.

Camat Sukasari, Muhammad Kosim mengatakan, setelah ditemukan ada tujuh warga terkonfirnasi positif Covid-19, maka Kecamatan Sukasari kini statusnya zona kuning.

Baca Juga:  35 Pati TNI Dan 8 Pati Polri Naik Pangkat, Ini Daftar Lengkapnya

“Ada tujuh warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, tiga diantaranya merupakan tenaga kesehatan,” ucap Kosim, saat ditemui di Kantor Kecamatan Sukasari, Pada Senin (19/7/2021).

Dengan itu, sambung dia, Satgas Covid-19 Kecamatan Sukasari menggencarkan tracing kepada warga.

“Nanti pada Rabu 21 Juli 2021 di Puskesmas Sukasari, bakal dilakukan PCR terhadap warga yang ada kontak erat dengan warga yang positif Covid-19,” jelasnya.

Kosim menambahkan, dilakukan tracing secara cepat agar penyebaran Covid-19 di Kecamatan Sukasari tidak meluas.

Baca Juga:  Video: Tugu Sepatu Di Jakarta Jadi Objek Vandalisme, Begini Kondisinya

“Kita lakukan berbagai upaya agar penyebaran Covid-19 di Kecamatan Sukasari tidak meluas dan Sukasari kembali ke Zona Hijau Covid-19 di Kabupaten Purwakarta,” tutur Kosim.

Diakuinya, dalam mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik secara tatap muka maupun lewat media sosial.

“Sosialisasi secara langsung kita lakukan melalui rapat minggon di desa-desa sampai ke tingkat RT dan RW. Selain itu kita juga lakukan melalui media sosial dan grup Whatsapp,” ucap Kosim.

Baca Juga:  Hingga Agustus 2021, Tercatat Ada Ribuan Janda Baru di Kabupaten Subang

Ia menambahkan, pihaknya juga akan gencarkan kembali operasi yustisi di Kecamatan Sukasari bersama TNI/Polri sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan terhadap penularan Covid-19 di wilayahnya.

“Saya berharap Kecamatan Sukasari bisa kembali menjadi zona hijau, karena itu saya mengimbau masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun,” tungkasnya. (Gin)