Siasati Kurban di Tengah Pandemi, Oded: Diam di Rumah Bagian dari Berkurban

JABARNEWS | BANDUNG – Hari Raya Idul Adha 1442 H pada 20 Juli 2021 ini masih diselimuti pandemi Covid-19. Sehingga pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan ibadah dari rumah masing-masing.

Karena itu juga, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengingatkan umat muslim terhadap perjuangan dan pengorbanan dari Nabi Ibrahim as. Yaitu kisah Nabi Ibrahim yang rela mengurbankan anak yang begitu dicintainya, Nabi Ismail as.

Sebagai umat muslim, terang Oded, seharusnya dapat meniru dan merefleksikan pengorbanan Nabi Ibrahim as. Di masa pandemi ini, masyarakat bisa berkurban dengan cara berdiam diri di rumah.

Baca Juga:  Minta Upah Naik, Buruh Geruduk dan Duduki Pemkab Cianjur

“Kita semua harus berkorban, dan prokes ini kita lakukan dalam rangka bagaimana kita berkorban, sudah pasti ini tidak mengenakan tapi ini namanya suatu ujian,” tutur Oded usai menjalani Shalat Idul Adha.

“Kalau kita sekarang hanya diminta diam di rumah, Nabi Ibrahim saat itu diminta Allah untuk menyembelih anaknya Ismail, bayangkan. Kita hari ini dalam menghadapi pandemi hanya diminta untuk berkurban yaitu menjalankan prokes yang baik,” tambahnya.

Baca Juga:  Jasa Marga Tutup Sementara Sebagian Ruas Tol Japek Arah Cikampek, Kenapa?

Oded mengakui, berdiam diri di rumah sangat berat. Apalagi bagi masyarakat kecil yang sehari-harinya bekerja di luar rumah dan tidak memiliki penghasilan tetap.

Ia turut merasakan kepedihan dan lelahnya masyarakat dalam menghadapi wabah ini. Sebab hampir setiap hari Oded menerima aspirasi dan keluhan dari warga Kota Bandung.

“Dampak dari pandemi ini banyak sekali. Masyarakat sudah lelah diam dirumah tapi makanan tidak ada. Hari ini saatnya yang memiliki rezeki lebih dari Allah, mari berkurban,” serunya.

“Tapi konteks secara umum, berkurban bisa lebih. Diam di rumah juga berkurban,” jelasnya.

Baca Juga:  Tipu Warga, Lima Polisi Gadungan Berhasil Diciduk Polres Tasikmalaya

Pada Idul Adha kali ini, Oded M. Danial beserta istri, anak, menantu, melaksanakan Salat Idul adha di Aula Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum.

“Alhamdulilah di pendopo ini karena memang penghuninya cukup banyak. Jadi kami salat di pendopo seperti salat Idul Fitri kemarin,” ungkap

Pada Iduladha tahun ini, Pemerintah Kota Bandung membagikan 114 ekor domba dan 64 ekor sapi kepada sejumlah lembaga seperti Forkopimda, ormas Islam dan pesantren. (Red)