• Kamis, 21 Oktober 2021

15 Ribu Seniman Terdampak Covid-19, Disparbud Jabar Siapkan Rp3 Miliar, Untuk Apa?

- Minggu, 25 Juli 2021 | 09:25 WIB
Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik. (Foto: Istimewa).
Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mencatat, berdasarkan data per 2020, total yang terdampak Covid-19 di sektor industri pariwisata dan budaya sebanyak 65 ribu jiwa.

Dari angka itu, 15 ribu jiwa di antaranya adalah seniman dan budayawan. Jumlah tersebut bisa bertambah, maka, pendataan terus dilakukan.

“Saya ditugaskan Pak Gubernur, coba mencarikan solusi. Salah satunya memberikan bantuan. Ini sudah dimulai, hari ini ada 399 seniman dan budayawan yang mendapatkan sembako dan uang dari Pemprov Jabar,” kata Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik dalam keterangan yang diterima, Minggu (25/7/2021).

Dia mengaku, saat ini Disparbud Jabar sedang menyiapkan langkah pemulihan ekonomi.

Salah satunya, lanjut Dedi memfasilitasi kesenian dan karya para seniman serta budayawan dalam sebuah medium digital, anggaran yang disiapkan Rp3 miliar.

Kemudian, pihaknya segera menyiapkan ruang publik untuk seniman dan budayawan, termasuk promosi pariwisata secara terintegrasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

“Ini semua sedang berproses. Termasuk untuk company (perusahaan) industri pariwisata yang lain, seperti relaksasi, penundaan pajak dan diskon listrik hingga air. Itu salah satu keinginan asosiasi. Semuanya sedang berproses,” tandasnya. (Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X