Angka Kematian Pasien Isoman di Kota Bogor Tinggi, Bima Arya Bilang Ini

JABARNEWS | BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya mengkhawatirkan tingginya angka kematian pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) yakni mencapai 99 orang dalam tiga pekan terakhir, sejak 3 Juli 2021.

Bima Arya di Kota Bogor, Senin (26/7/2021), mengatakan sejak 3 Juli 2021 hingga saat ini, ada 99 orang warga Kota Bogor terpapar COVID-19 yang menjalani isoman di rumahnya, dan kemudian meninggal dunia.

“Kami terus bekerja keras melakukan langkah-langkah bersama dan mencari solusi terbaik, untuk mengurangi angka kematian bagi warga yang isoman,” katanya, seperti dilansir Antara.

Baca Juga:  FWP Jabar Matangkan Kerjasama Pentahelix dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor ini menjelaskan, setelah mencermati lebih dalam data-data kematian warga terpapar COVID-19 yang menjalani isoman dan meninggal dunia, disimpulkan, ada tiga faktor penyebabnya.

Pertama, karena belum divaksin. Angka kematian warga isoman belum divaksin ini mencapai 85 persen.

Kedua, sebagian besar berusia di atas 50 tahun. Ketiga, umumnya memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Baca Juga:  Hadiri Tabligh Akbar, Padil Karsoma Berikan Santunan Untuk Anak Yatim & Jompo

Menurut Bima Arya, berdasarkan kesimpulan tersebut, Pemerintah Kota Bogor melakukan langkah-langkah antisipatif, yakni warga terpapar COVID-19 dengan tiga kriteria tersebut, tidak boleh menjalani isoman di rumah, tapi harus dirawat di rumah sakit.

“Informasi tersebut sudah disampaikan kepada aparat di wilayah, yakni camat, lurah dan puskesmas, untuk memastikan, agar warga terpapar COVID-19 dirawat di rumah sakit,” katanya.

Bima menegaskan kalau tempat tidur untuk pasien COVID-19 di rumah sakit masih penuh, warga terpapar COVID-19 dengan tiga kriteria tersebut, dirawat sementara di Pusat Isolasi Pasien COVID-19, sambil menunggu ada tempat di ada tempat tidur di rumah sakit yang kosong. 

Baca Juga:  Fakta Penemuan Satu Ton Beras Bansos Presiden Jokowi Terkubur di Depok, Ada Kaitan dengan JNE

“Di Pusat Isolasi COVID-19, masih banyak cadangan tempat tidurnya,” katanya.

Bima menyatakan Pemerintah Kota Bogor fokus untuk mengurangi angka kematian warga terpapar COVID-19, terutama yang menjalani isoman di rumah. (Red)