• Senin, 27 September 2021

Perahu Tongkang Bocor, Seorang Warga Tewas Tenggelam di Waduk Saguling

- Selasa, 27 Juli 2021 | 21:30 WIB
Ilustrasi- Korban tenggelam. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi- Korban tenggelam. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG BARAT - Seorang warga tewas tenggelam di genangan waduk Saguling, tepatnya di Kampung Tangan-tangan, RT 1 RW 2, Desa Bongas, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Korban diketahui bernama Rijon Efendi (42), yang tercatat sebagai warga Kampung Sirah Situ, RT  3 RW 10, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

"Korban tenggelam saat menaiki tongkang, dicari sekitar setengah jam kemudian, dia ditemukan sudah meninggal dunia," terang Danramil Cililin, Kapten Inf Furqon saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

Menurut dia, peristiwa nahas yang dialami oleh korban terjadi pada Senin (26/7/2021) sore, sekitar pukul 16.30 WIB. Korban tenggelam ketika hendak mengambil pancingan.

Dia menjelaskan, insiden tersebut terjadi ketika korban menaiki perahu tongkang ke saung jaring apung yang ada di tengah genangan Waduk Saguling

Ketika berada di atas perahu tongkang, tiba-tiba terjadi kebocoran di perahu tongkang yang dinaikinya, kemudian dengan cepat air menggenangi perahu.

Diduga karena panik perahu akan tenggelam, korban yang tidak bisa berenang tersebut justru loncat dari perahu. Akibatnya korban tenggelam karena tidak sempat tertolong. 

Warga yang mencari korban akhirnya berhasil menemukannya dalam kondisi sudah meninggal dunia. Korban dievakuasi sekitar jam lima sore. 

"Langsung dibawa oleh keluarganya ke Pasirjambu untuk dikebumikan. Keluarganya menolak diautopsi dan menganggap kejadian tersebut sebagai musibah," tuturnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo menambahkan, ada dua saksi yang melihat korban tenggelam, yakni Kurnia dan Sana yang sama-sama warga Pasirjambu, Kabupaten Bandung. 

"Saksi itu yang melapor ke petugas, lalu bersama petugas dari Polsek Cililin, Koramil Cililin, Damkar, dan aparat kewilayahan melakukan pencarian serta mengevakuasi korban usai ditemukan," terangnya. (Yoy)

Editor: Yoyo W

Tags

Terkini

Wow, Produksi Batik di Kota Bandung Terus Menggeliat

Minggu, 26 September 2021 | 13:00 WIB

Bendungan Cirata Masih Jadi Area Favorit Masyarakat

Minggu, 26 September 2021 | 12:40 WIB
X