• Senin, 27 September 2021

Bima Arya Sebut Prioritas Penanganan Pasien Isoman Kuatkan Dua Hal Ini

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:31 WIB
Walikota Bogor, Bima Arya, (Foto: Istimewa)
Walikota Bogor, Bima Arya, (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerjunkan ratusan Relawan Pemuda Penanganan Covid-19 di Kota Bogor, diterjunkan untuk membantu penanganan pasien Covid-19.

Sebanyak 176  relawan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bogor diterjunkan untuk membantu penanganan pasien Covid-19, yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiaryo mengatakan, saat ini, yang menjadi prioritas penanganan pasien yang isoman adalah menguatkan dua hal. Mulai fokus pada monitoring warga yang sedang melakukan isoman, serta mempercepat vaksinasi.

"Saya meminta laporan dari lapangan apa saja hambatan dan persoalan yang dihadapi para relawan," ucap Bima di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021).

Dia meminta agar relawan fokus pada aspek kesehatan warga yang isoman. Sehingga, diharapkan ke depannya jangan sampai ada warga yang isoman meninggal dunia karena mengalami perburukan.

Bima menjelaskan, berdasarkan data dari wilayah sekitar, 85 persen warga isoman yang meninggal tercatat belum divaksinasi. Selain itu, sambung dia, korban juga memiliki rata-rata usia di atas 50 tahun serta memiliki komorbid (penyakit penyerta), dengan saturasi oksigen dalam darah di bawah 90.

Untuk itu, kepada para relawan, Bima mengajak untuk selalu berkoordinasi dengan camat, lurah, dan puskesmas apabila ada warga isoman yang memiliki kriteria tersebut. Tujuan agar pasien mendapatkan ruang perawatan, dan tidak isoman di rumah jika kondisi memburuk.

Apalagi jika memiliki gejala. Komunikasikan hal tersebut dengan Puskesmas dan yang lainnya. Jika ada fasilitas isolasi yang terdekat silahkan dibawa ke tempat isolasi. Jika tidak ada, monitoringnya dilakukan secara intens, saturasi dan lain-lain," ujar Bima.

Ketua KNPI Kota Bogor, Sapta Bela Alfaraby menyampaikan, saat ini jumlah relawan yang terlibat kurang lebih ada 176 relawan yang diterjunkan di setiap kecamatan. Masing-masing ada 36 di Kecamatan Bogor Selatan, 13 di Bogor Utara, 42 di Bogor Barat, 33 di Bogor Tengah, 22 di Bogor Timur, dan 30 di Tanah Sareal. (Red)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

Wow, Produksi Batik di Kota Bandung Terus Menggeliat

Minggu, 26 September 2021 | 13:00 WIB

Bendungan Cirata Masih Jadi Area Favorit Masyarakat

Minggu, 26 September 2021 | 12:40 WIB
X