Dana Insentif Nakes di Garut Lebih Kecil, Begini Penjelasan Wakil Bupati

JABARNEWS | GARUT – Wakil Bupati Garut, Jawa Barat, Helmi Budiman memastikan tidak ada pemotongan dana insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) seperti yang dituduhkan dan besaran uang sudah diberikan sesuai dengan kemampuan anggaran pemerintah kabupaten setempat.

“Jadi, tidak benar ada pemotongan,” kata Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Jumat (30/7/2021), dikutip dari Antara.

Ia menuturkan telah mengetahui informasi adanya nakes mengeluhkan soal besaran dana insentif yang diberikan pemerintah daerah, bahkan besarannya lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya.

Helmi menjelaskan sebelumnya tahun 2020 anggaran insentif nakes bersumber dari APBN atau pemerintah pusat, sedangkan saat ini anggarannya diserahkan ke pemerintah daerah dengan besaran disesuaikan dengan kemampuan daerah.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Dukung Puncak HPN Tingkat Jabar di Cianjur

“Untuk tahun ini dari APBN tidak ada, diserahkan kepada daerah sesuai kemampuan, makanya daerah kita juga tetap memberikan insentif cuman sesuai dengan kemampuan daerah, tidak sama dengan dana yang diberikan dari APBN,” katanya.

Ia menjelaskan perbedaan dana insentif itu seperti tahun sebelumnya yang bersumber dari APBN untuk dokter spesialis menerima Rp15 juta, namun saat ini dari pemerintah daerah diberikan Rp8 juta sesuai dengan kemampuan anggaran.

Baca Juga:  Waduh, Penyanyi Era 80-an Dina Mariana Hilang Diculik

“Jadi memang ada perbedaan antara tahun ini dengan tahun kemarin, kenapa, karena sumbernya berbeda, dan APBD khususnya dengan kemampuan APBD yang ada sekarang,” kata Helmi.

Meskipun ada perbedaan, Helmi berharap semua nakes yang bekerja di tempat pelayanan kesehatan pemerintah tetap melaksanakan tugasnya dengan baik, terutama di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Ia menyampaikan pandemi COVID-19 belum bisa diprediksi kapan berakhirnya. Untuk itu, semua nakes tetap memberikan pelayanan secara maksimal, terutama dalam menangani wabah COVID-19.

Baca Juga:  Mendagri Minta Kepala Daerah Disiplinkan Warga Selama PSBB

“Kami berharap tenaga kesehatan yang menangani COVID-19 tetap bersemangat, karena wabah ini masih terus, belum terlihat tanda-tanda berakhir, cuman alhamdulillah ada penurunan sekarang,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah nakes di Garut melalui media sosial maupun media massa mempertanyakan besaran dana insentif yang beberapa hari lalu baru diterimanya.

Nakes tersebut mempertanyakan ada perbedaan besaran yang diterima tahun ini yaitu lebih kecil, berbeda dengan tahun sebelumnya dinilai cukup besar. (Red)