• Sabtu, 4 Desember 2021

Kisah Pilu Mang Eman Penjual Agar-agar yang Dapat Donasi Rp108 Juta

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:25 WIB
Mang Eman penjual agar-agar saat menerima donasi sebesar Rp180 Juta. (Foto: Net).
Mang Eman penjual agar-agar saat menerima donasi sebesar Rp180 Juta. (Foto: Net).

JABARNEWS | GARUT - Seorang Pria penjual makanan agar-agar di Kabupaten garut mendapatkan donasi sebesar Rp180 juta. Bukan tanpa alasan, penjual yang bernama Eman videonya sempat viral dan menarik simpati warganet.

Kisah berawal saat pemilik akun Tiktok @elsameliaa menceritakan seorang bapak penjual agar-agar yang ingin membeli nasi padang, namun hanya memiliki uang Rp 5.000.

Dalam videonya itu diceritakan, tampak seorang bapak berusia 50 tahunan masuk ke dalam rumah makan padang di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kota Garut. Sambil tersenyum malu, bapak memegang uang kertas pecahan Rp5.000 raut wajahnya menggambarkan kegetiran.

Sambil diam sejenak bapak melihat menu-menu makanan yang sudah disajikan, sembari tangannya menggulung uang Rp5.000 itu.

Melihat kejadian itu, Elsa merekam tingkah bapak itu. “Di masa pandemi gini kerasa banget kalo jualan sepi apalagi ini cuma jual agar-agar,” tulisnya.

Dia akhirnya mencari tahu identitas bapak itu, akhirnya diketahui bahwa bapak yang membeli nasi padang beberapa hari lalu bernama Eman yang akrab disapa Mang Eman.

Mang Eman berasal dari Cilawu, sudah 10 tahun jadi pedagang makanan keliling. Setiap harinya dia berjalan kaki dari Cilawu ke Garut Kota untuk menjajakan dagangannya.

“Pa Eman sudah berkeluarga, namun belum mempunyai rumah, beliau masih tinggal bersama mertuanya,” tulis Elsa membagikan cerita tentang sosok Mang Eman.

Setelah diunggah Elsa pada Kamis (29/7/2021) kisah Mang Eman ternyata menjadi viral di medsos. Bahkan, pihak kepolisian dari Polsek Cilawu dan Polres Garut pun langsung berupaya menemui Mang Eman untuk memberikan donasi.

“Dari informasi tersebut, kami Polsek Cilawu berinisiatif. Kebetulan hari ini hari Jum’at yang merupakan ada kegiatan (sosial) yang dipelopori oleh bapak Kapolres, yaitu Jumat Barokah,” kata Kompol Tommy.

Saat diwawancara, Mang Eman mengakui bahwa dia hanya membawa uang Rp5.000 untuk membeli nasi padang karena jualannya sedang sepi. “Iya, uang na teh Rp5.000, jualan sepi. Icalanna kadang seep kadang teu seep (iya uangnya hanya Rp5.000, jualannya sepi. Jualannya kadang habis kadang tidak),” ucap Mang Eman.

Melihat kegetiran kisah hidup Mang Eman, Elsa Amelia melalui akun Tiktoknya berinisiasi menggalang donasi untuk modal usaha Mang Eman. Tak disangka, total donasi yang dikirimkan warganet di media sosial TikTok mencapai lebih dari Rp108 juta.

Dalam unggahan video lainnya, Elsa bersama kakaknya tengah mencairkan uang donasi untuk Mang Eman di sebuah bank. Bahkan, pencairan uang itu dikawal ketat aparat kepolisian.

“Dan untuk total donasi yang telah teman-teman berikan, saya sangat takjub kepada teman-teman, yaitu terkumpul sebesar Rp108 juta,” tuturnya Elsa. (Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Warganet: Stay Safe Kawan-kawan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:07 WIB

Pengedar Narkoba Asahan Simpan Narkoba di Pot Bunga

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:57 WIB
X