• Senin, 25 Oktober 2021

Percepat Herd Immunity, Vaksinasi Massal di Karawang kali Ini Sasar Para Santri

- Senin, 2 Agustus 2021 | 19:08 WIB
Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | KARAWANG - Badan Intelejen Negara (BIN) menggelar vaksinasi COVID-19 kepada ribuan santri di Pondok Pesantren Lembaga Dakwa Islam Indonesia (LDII) di Kabupaten Karawang. Vaksinasi diharapkan bisa mempercepat herd imunity.

Stafsus KaBIN Pusat Mayjen (Purn) TNI Suyanto mengungkapkan kegiatan vaksinasi ini merupakan perintah, juga amanat dari Presiden Joko Widodo untuk mempercepat Herd immunity masyarakat.

"Vaksinasi ini adalah perintah, juga amanat dari Presiden kepada kami, untuk mempercepat Herd Immunity di masyarakat, yang vaksinasi massal kali ini untuk para santri," kata Suyanto saat gelaran vaksinasi di Ponpes Sumber Barokah, Karawang, Senin (2/8/2021).

Ia mengatakan vaksinasi ini merupakan hal penting. Warga juga diimbau tetap memerhatikan protokol kesehatan.

"Meski sudah divaksin, adik-adik tetap harus jaga protokol kesehatan. Jangan lengah dan terapkan 3M, yaitu pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sehingga adik-adik bisa menjaga diri dari penularan COVID-19 bersama-sama, bersyukur 600 lebih yang sudah swab antigen hasilnya negatif," ujarnya.

Dia berharap, kasus penularan COVID-19 ini bisa berkurang. Para santri juga bisa kembali menggelar belajar tatap muka.

"Dengan diadakan di pesantren, harapannya program pendidikan bisa dilakukan dengan tatap muka bersama sekolah. Selama ini kita melakukan pembelajaran dengan cara daring," ungkapnya.

Di tempat sama, Ketua DPP LDII Rully Kuswahyudi yang ikut meninjau juga menjelaskan, sejak bulan Maret 2021 lalu, DPP LDII sudah mendapatkan amanat dari Presiden saat beraudiensi di Istana Bogor. Presiden meminta LDII untuk membantu percepatan kegiatan vaksinasi di daerah-daerah.

"DPP LDII memberikan instruksi ke pengurus DPW dan DPD untuk berkoordinasi dengan Dinkes, Kodam, dan Polda untuk melakukan vaksinasi di wilayah masing-masing. Secara simbolis pada 14 Juni kami sudah mulai melakukan vaksinasi, dengan kisaran peserta vaksin 1.000 peserta per hari. Saat ini sedang berlangsung vaksin dosis kedua," jelasnya.

DPW LDII Jabar juga, berencana akan kembali melaksanakan vaksinasi massal pada 8-15 Agustus 2021 dengan target 1.500 peserta.

"Jika tidak mampu, bisa datang ke sentral vaksin terdekat. Harapannya, kita warga LDII bisa tervaksinasi, dan ikut menjadi pahlawan kemanusiaan, ikut memutus mata rantai Covid -19, dan berharap bangsa kita menjadi sehat dan menjadi bangsa yang maju," tandasnya.

Dalam vaksinasi massal itu, hadir pula Direktur BIN Pusat Brigjen TNI Irwan, dan Kepala BIN Daerah Jabar Brigjen TNI Dedi Agus . Turut didampingi Ketua DPP H. LDII Rully Kuswahyudi, Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Barat (Jabar) drg. H. Dicky Harun, Kabid P2M Dinkes Karawang, dan Ketua Ponpes Sumber Barokah Karawang Ir. KH. Mustaghfirin. (Red)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

Hoax! Uni Eropa Akan Menghentikan Vaksin Covid-19

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:23 WIB
X