TPAS Pasir Sembung Tak Efektif Lagi, DLH: Selain Overload Juga Padat Penduduk

JABARNEWS | CIANJUR – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasir Sembung, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur sudah tidak lagi efektif dijadikan TPA untuk wilayah Cianjur.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Penanganan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Cianjur, Neneng, dimana selain sudah overload atau penuh, di sekitaran lokasi sudah padat penduduk.

Baca Juga:  Meski Kasus meningkat, Belum Ada Korban Jiwa karena DBD di Kota Tasikmalaya

“Lokasi TPA Pasirsembung juga ada sekolah yang bisa menimbulkan polusi dan hal yang tak diinginkan.,” ujarnya, dilansir dari Tribun (8/6/2021).

Ia berharap, pemindahan TPA ke wilayah Desa Mekarsari Kecamatan Cikalongkulon segera dilakukan agar segera dilakukan, kata dia, pengadaan lahan untuk TPA di Mekarsari sudah dilakukan, namun rencana pembangunan tentunya harus masuk dulu ke tahapan RPJMD.

Baca Juga:  Ratusan Koper Calhaj Purwakarta Diberi Gantungan Unik

“Baru masuk ke tahapan RPJMD, mudah-mudahan segera tuntas karena kapasitas TPA di Pasirsembung sudah sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Adapun penanganan kapasitas sampah yang sudah overload di TPA Pasirsembung, pihaknya saat ini terus berupaya dengan cara menjalankan atau pengelolaan tempat pengolahan sampah – reduce reuse recycle (TPS3R) yang sudah tersebar di masing-masing ecamatan dan desa. (Red)

Baca Juga:  RSUD Bayu Asih Diduga Tolak Pasien Hingga Meninggal, Dinas Kesehatan Gelar Investigasi