Bawa Uang Rp5 Miliar, Kepala BRI Tewas dalam Tabrakan Speedboat

JABARNEWS | HALMAHERA SELATAN – Kecelakaan laut terjadi di perairan Desa Sawadai, Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat (6/8/2021) malam.

Kecelakaan laut tersebut melibatkan dua speedboat dengan nama Habibi 01 dan Hasiqah. Dalam tabrakan speedboat itu, seorang penumpang dilaporkan meninggal dunia.

Melansir dari CNN Indonesia, korban tewas dalam tabrakan speedboat itu adalah Kepala BRI Unit Pulau Obi, Barry Hamdanny Abubakar. 

Jenazahnya langsung dievakuasi ke RSUD Labuha, dan langsung diberangkatkan ke Ternate dengan KM Uki Raya 23 malam ini juga

Berdasarkan keterangan dari pihak BRI Labuha, speedboat Hasiqah yang ditumpangi Barry itu dalam perjalanan menuju Desa Kawasi di Pulau Obi. 

Baca Juga:  Hari Ini Ridwan Kamil Bakal Temui PWNU Jabar, Beberkan Data Kesra Jabar Gate Rp1 Triliun? 

Dalam speedboat itu mendiang Barry membawa uang milik BRI sebanyak Rp5 miliar dari Labuha untuk dibawa ke unit Obi di desa Kawasi.

Julsan Hi Jafar, motoris di speedboat Habibi menerangkan, sekitar pukul 18.10 WIT perahu yang dikendalikan anak buah kapal bernama Iki sedang melaju dari arah Desa Kawasi, Pulau Obi, menuju Pulau Bacan.

Speedboat tersebut membawa 10 penumpang yang terdiri atas 7 WNI dan 3 WNA asal Tiongkok. Selain 10 penumpang, ada pula 3 ABk dalam speedboat itu.

Sementara itu, speedboat Hasiqah melaju dari arah Kupai, Pulau Bacan, menuju Kawasi. Speedboat tersebut yang dikemudikan Faris itu membawa 5 penumpang dan 3 ABK.

Baca Juga:  Menjajal Keindahan Gunung Puntang Sebagai Objek Wisata Bandung

Ketika hendak berpapasan di perairan Sawadai-Kubung, dengan jarak antara kedua perahu cepat kurang lebih 100 meter, speedboat Habibi mengambil jalur kanan atau mendekat ke arah pantai, sedangkan speedboat Hasiqah mengambil jalur kiri, yang juga mepet ke arah pantai.

Speedboat Habibi lalu berusaha menghindar dan mengubah haluan ke arah jalur kiri atau menjauh dari pantai. Nahas, pada saat bersamaan speedboat Hasiqah ikut mengubah haluan sehingga terjadi tabrakan yang tak dapat dihindari.

Speedboat Habibi akhirnya menabrak bagian belakang speedboat Hasiqah.

Baca Juga:  Karaoke Milik Anggota DPRD Sergai Didatangi Satgas Covid-19, Ini Penyebabnya

Hasilnya, speedboat Hasiqah mengalami rusak berat dan terbalik. Sementara itu, speedboat Habibi hanya mengalami kerusakan pada bagian depan.

Para korban kemudian dievakuasi oleh tim kepolisian ke RSUD Labuha. Selain Barry yang meninggal, korban lain yang mengalami luka cukup berat adalah seorang pelajar, Radit Saputra (16) yang mengalami patah kaki.

Sejauh ini, belum ada keterangan dari kepolisian setempat terkait kecelakaan dua speedboat ini. 

Belum ada keterangan lebih lanjut juga terkait nasib uang Rp5 miliar yang akan dibawa ke Kawasi menggunakan Speedboat Hasiqah yang terbalik tersebut. (Red)