Pada 2025 Ada Akses Tol, Wisata Garut Akan Semakin Maju

JABARNEWS | GARUT – Bupati Garut Rudy Gunawan optimistis sektor pariwisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan semakin maju. 

Apalagi, bila jalan tol lintas Bandung – Garut – Tasikmalaya selesai dibangun, akses wisatawan dari berbagai daerah bakal semakin mudah.

“Insya Allah tahun 2025 Garut akan menjadi tujuan wisata warga Jakarta, Bandung, Semarang, dan daerah lainnya untuk berdarmawisata,” kata Rudy Gunawan di Villa Kayu, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, Selasa (10/8/2021).

Ia menuturkan, pariwisata menjadi bagian penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Garut. Untuk itu, potensi wisata perlu digali agar menjadi destinasi wisata.

Baca Juga:  Bersiap, Pedagang Hewan Kurban di Kota Bekasi Akan Jalani Rapid Test

Sektor pariwisata di Garut, kata Rudy Gunawan, memiliki potensi yang bisa menguntungkan masyarakat setelah dibangunnya jalan tol yang terhubung antara Jawa dan Bali.

Ia berharap, kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke Garut bisa semakin banyak. Jadi, pendapatan asli daerah (PAD) bisa meningkat, dan masyarakat akan mendapatkan penghasilan dari sektor pariwisata.

Baca Juga:  Waspada Penggunaan HP di Ruang Publik, Beresiko Penularan Covid-19

“Nantinya akan ada klaster-klaster baru yaitu klaster yang ada hubungannya dengan kepariwisataan di tiap desa atau pariwisata desa, ini sangat luar biasa bagi peningkatan ekonomi warga desa,” katanya.

Menurut dia selama ini perkembangan desa wisata di Kabupaten Garut terus bertambah cukup banyak yang merata di 42 kecamatan.

Kemudian adanya dorongan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Garut yang membantu mempromosikan wisata di Garut.

“Kita pengembangannya pesat sekali, jadi pengembangan wisata itu merata di 42 kecamatan ya, dan sekarang itu ada pengembangan dengan badan pariwisata kabupaten (BPPD),” katanya.

Baca Juga:  Info Terbaru Soal Perpanjangan BLT Dana Desa, Simak Ya

Ia berharap adanya kerja sama dengan pihak terkait termasuk masyarakat desa akan semakin mengembangkan wisata dan memanfaatkan potensi yang menguntungkan saat dioperasikannya jalan tol.

“Ini luar biasa, desa wisata akan menjadi unggulan di kemudian hari di Kabupaten Garut, karena akses ke Kabupaten Garut mulai 2025 akan ada lintas tol terkoneksi Jawa-Bali,” katanya. (Red)