Sambut Hari Kemerdekaan, Kominfo Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Kampung Nelayan

JABARNEWS | JAKARTA – Keindahan sektor bahari di Indonesia adalah warisan yang senantiasa dijaga, khususnya oleh para nelayan di Indonesia. Di sektor perikanan, pandemi COVID-19 telah mempengaruhi keberlangsungan aktivitas produksi dan pemasaran hasil perikanan. Karenanya, perlu adanya kepedulian yang lebih bagi para nelayan untuk menghadapi masa yang sulit ini. Untuk itu, Kementerian Kominfo bersama dengan Perempuan Indonesia Maju dan Kemenkomarves mengadakan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Kampung Nelayan secara langsung di Kampung Nelayan, Cilincing.

“Kita harus menyampaikan kembali Program Pakai Masker sesuai arahan Presiden RI, mengajak masyarakat untuk jangan melepas masker, kapanpun dan dimanapun,” ujar Septriana Tangkary, Direktur IKPM, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam sambutannya di kegiatan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Kampung Nelayan pada Kamis (12/8/2021).

Baca Juga:  Tak Disangka! Ternyata Tiga Makanan Ini Bisa Jadi Pereda Rematik Yang Ampuh, Kalian Pernah Coba?

Septriana juga menyampaikan bahwa warga di Kampung Nelayan telah melaksanakan program vaksinasi Gotong Royong dengan target 200 penduduk per hari sejak tanggal 1 Agustus hingga 17 Agustus 2021. Vaksin menjaga imunitas, bukan hanya untuk orang lain, tapi diri kita sendiri.

Sejalan dengan hal tersebut, Ezki Suyanto, Penasihat Khusus Komunikasi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, turut menyampaikan terkait dengan efektivitas PPKM yang dilakukan. Menurutnya, PPKM yang dilakukan sebenarnya sudah efektif, terlihat dari data penurunan pasien yang terjadi pada beberapa Rumah Sakit di Jakarta. Hal ini terjadi karena masyarakat ikut serta menyukseskan PPKM.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Targetkan BIJB Rampung Juni 2018

“Banyaknya hoaks yang beredar dapat menurunkan imun tubuh, karena kesehatan jiwa yang menurun berakibat pada kesehatan fisik. Berita yang beredar harus diperiksa kembali, jangan diterima apa adanya”, tambahnya.

Selanjutnya, Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju, Lana Koentjoro, mengajak para nelayan dan masyarakat untuk senantiasa memperbaiki cara kita dalam menggunakan masker dan tetap menggunakan masker dengan benar di manapun dan dalam situasi apapun, termasuk saat sedang berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga:  Mau ke Istana Presiden Cipanas, Truk Bermuatan Beras Bantuan Terjungkal

“Jangan ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Vaksinasi mempunyai peranan strategis untuk memulihkan kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi bersama. Namun, selama belum tercapai kekebalan komunitas, maka pencegahan paling efektif adalah kepatuhan protokol kesehatan oleh seluruh lapisan masyarakat. Ingat, wabah Covid-19 ini belum berakhir, tetap disiplin protokol kesehatan 6M demi kesehatan bersama”, pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo bersama dengan Perempuan Indonesia Maju dan Kemenkomarves yang dihadiri oleh para nelayan dan warga di Kampung Nelayan Cilincing, dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. (Red)