• Selasa, 26 Oktober 2021

HUT ke-76 RI, Begini Formasi Paskibraka di Kabupaten Purwakarta

- Senin, 16 Agustus 2021 | 13:01 WIB
Proses latihan anggota Paskibraka di Kabupaten Purwakarta. (Foto: Istimewa)
Proses latihan anggota Paskibraka di Kabupaten Purwakarta. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam upacara peringatan HUT RI ke-76 di Kabupaten Purwakarta bakal libatkan 52 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) atau formasi lengkap pada Selasa, 17 Agustus 2021 mendatang.

Akibat pandemi Covid-19, pada tahun lalu hanya ada delapan anggota Paskibraka yang bertugas dan di ambil dari Paskibraka tahun 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq mengatakan, untuk tahun 2021 ada sedikit perbedaan dalam formasi Paskibraka dibandingkan tahun lalu.

"Untuk pasukan pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih akan dilakukan di Kabupaten Purwakarta dengan formasi 17 dan 8. Jadi yang bertugas mengibarkan bendera sebanyak 25 petugas dan untuk penurunan bendera sebanyak 25 petugas serta cadang 2 petugas, totalnya 52 petugas Paskibraka. Nanti untuk di lapang upacara hanya 30 orang TNI dan Polisi," ucap Ahmad Arif, saat ditemui di ruang kerjanya, Pada Senin (16/8/2021).

Kabid Kepemudaan, memastikan bahwa seluruh anggota Paskibraka telah divaksinasi. Baik saat masa karantina maupun bertugas nanti seluruh anggota dipastikan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Disiplin 3M atau memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selalu diterapkan baik saat latihan ataupun nanti pada pelaksanaannya. Untuk pengukuhan bakal dilakukan pengukuhan pada siang ini," ucap Ahmad Arif.

Dirinya berpesan kepada para pelajar yang terpilih menjadi anggota Paskibraka ini, seperti isi dan janji dalam Ikrar Putra Indonesia yaitu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Tugas amanah dan tanggung jawab dari Paskibraka pada saat tanggal 17 Agustus 2021 yaitu mengibarkan bendera pusaka sang saka merah putih tentu tidak sekedar simbolik saja tetapi ada komitmen didalamnya yaitu menjaga Merah Putih dengan komitmen, integritas dan profesional isme dan energi positif yang disatupadukan untuk bisa mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh serta menjaga marwah NKRI," pesan Ahmad Arif.

Ahmad Arif juga berharap adik-adik dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai perwujudan kebanggaan orang tua dan para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia

"Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh ada dalam semangat, komitmen dan cita-cita kita, terutama kepada seluruh anggota Paskibraka untuk bisa meyakinkan dan mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, sesuai dengan ikrar tadi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," tungkasnya. (Gin)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

X