Kabar Baik, Ribuan Pekerja Wisata dan Pegiat Budaya di KBB Akan Dapat Bantuan

JABARNEWS | BANDUNG – Ribuan pekerja wisata dan pegiat kebudayaan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang terdampak pandemi Covid-19 dan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 bakal mendapat bantuan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Heri Partomo, mengatakan, bantuan untuk pekerja pariwisata dan kebudayaan itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

“Bentuk bantuannya yakni berupa uang tunai senilai Rp 200 ribu per orang,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga:  Ade Yasin Berduka, Dua Nakes di Bogor Wafat Terpapar Covid-19

Untuk saat ini, kata Heri, pencairan bantuan dari Pemprov Jabar itu sedang dalam tahap verifikasi dari total pekerja yang diajukan mendapat bantuan tersebut sebanyak 4.200 orang.

Namun Heri belum mengetahui berapa kali bantuan tunai tersebut akan disalurkan ke para pekerja wisata di Bandung Barat, tetapi pihaknya hanya memastikan jika dalam waktu dekat akan segera cair.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 25 November 2022, Leo, Virgo dan Libra

“Sekali atau dua kali belum ada keputusan dari provinsi. Pasti melihat anggarannya juga,” kata Heri.

Menurut Heri, jika plafon anggarannya besar, maka bantuan tersebut bisa sampai dua hingga tiga kali. Namun, jika anggarannya hanya sedikit, maka bantuan itu hanya sekali saja.

Baca Juga:  Doni Monardo: Konsistensi Disiplin Masyarakat Bisa Kurangi Kasus Covid-19

Sebelumnya Disparbud Bandung Barat juga sudah mengusulkan sebanyak 30 ribu pekerja pariwisata untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Namun Heri menyebutkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut terkait pencairan bantuan tersebut.

“Untuk bantuan dari pusat belum ada info soal pencairan. Jadi yang sudah ada itu baru yang dari provinsi saja,” ucapnya. (Red)