Pelonggaran PPKM di Bogor, Mal Boleh Beroperasi dengan Syarat Ini

JABARNEWS | BOGOR – Bupati Bogor Ade Yasin mewajibkan setiap pengunjung mal sudah divaksin dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

“Sesuai anjuran pemerintah pusat masuk mal di Kabupaten Bogor juga harus menunjukkan sertifikat vaksinasi,” kata Ade Yasin di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/8/2021), dilansir dari Antara.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor itu menyebutkan bahwa mal di wilayahnya kini sudah mulai beroperasi sejak perpanjangan PPKM level 4 pada 17-23 Agustus 2021.

Baca Juga:  Ingin Bisnis Pet Shop Kalian Sukses? Lakukan Cara Ini

Ketentuan tersebut ia atur melalui Keputusan Bupati (Kepbup) Bogor Nomor 443/404/Kpts/Per-UU/2021 yang merupakan turunan dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 34 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3 dan 2 di wilayah Jawa dan Bali.

Sektor pusat perbelanjaan atau mal diizinkan beroperasi dengan jumlah pengunjung 50 persen dari kapasitas mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Baca Juga:  Inilah Yang Menjadi Penyebab Nyeri Punggung Saat Hamil

Kemudian, sektor lain yang dilonggarkan yaitu warung makan atau pedagang kaki lima (PKL), dibolehkan menerima tiga pengunjung makan di tempat, dengan ketentuan durasi maksimal 30 menit.

Ade Yasin menyebutkan, restoran dan kafe juga kini boleh beroperasi dengan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas tempat dengan ketentuan satu meja maksimal untuk dua orang, dan durasi makan paling lama 30 menit.

Baca Juga:  Ternyata Hal yang Sering Disepelekan Ini Bisa Merusak Hubungan Pertemanan

Pelonggaran lainnya yaitu tempat ibadah boleh difungsikan untuk kegiatan berjamaah dengan jumlah jamaah maksimal 50 persen dari kapasitas tempat.

Terakhir, yaitu kegiatan olahraga kembali diizinkan dengan beberapa ketentuan dalam Keputusan Bupati Bogor Nomor 443/404/Kpts/Per-UU/2021. (Red)