Keren! Warga Sindangsari Cianjur Kini Kembangkan Budidaya Durian

JABARNEWS | CIANJUR – Pembibitan pohon durian dibudidayakan oleh warga Kampung Cikawung, RT 3 RW 4, Desa Sindangsari, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Camat Sukanagara Adang Sumaryadi menyatakan, pemerintah mendukung potensi budidaya pembibitan durian ada di Desa Sindangsari.  

Dia pun berharap pembibitan pohon durian ini bisa menjadi ladang kehidupan para petani di Desa Sindangsari

“Artinya untuk ke depan perekonomian masyarakat semakin meningkat melalui pembibitan durian ini,” katanya, melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (20/8/2021).

Camat Sukanagara menuturkan, budidaya pembibitan pohon durian mulai dikembangkan, mengingat kondisi tanah dan cuaca yang cocok. Hasil panen pun diharapkan bisa produktif dan berkelanjutan.

“Pesan agar para petani terus aktif bertani dan meningkatkan kualitas bibit,” harap Adang.

Baca Juga:  Tiga Ide Bisnis Kuliner Korea Selatan Yang bisa kalian Coba

Dia mengingatkan agar para petani mengantisipasi cuaca yang tidak menentu, sehingga pohon durian rentan kena hama. 

Dia memberikan dukungan secara moral, agar para petani semangat bertani mengingat kebutuhan konsumsi buah-buahan memiliki nilai ekonomi yang baik. 

“Meskipun masih masa pandemi Covid-19 saat ini, tapi semangat warga begitu luar biasa. Saya berharap bisa dikembangkan terus,” pungkasnya.

Kepala Desa Sindangsari Ayi Rusli mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian khususnya, dan pihak kecamatan yang telah membantu pengembangan  Kampung Lembur Tohaga Mandiri Lodaya (LTML).

“Kami memang terus melaksanakan pembinaan termasuk pemberian bibit serta apalagi untuk tanaman atau budidaya durian,” katanya.

Baca Juga:  Saat Jokowi Hadiri Resepsi Pegawai "Setianya"

Menurut dia, petani bisa berharap lebih dari hasil panen durian, karena selama ini hanya mengandalkan hasil menanam sayuran. Para petani pun sekarang perlahan diarahkan ke tanaman-tanaman keras.

“Nah, yang di mana cara intinya mungkin untuk mendapatkan penghasilan lebih,” tutur Kepala Desa Sindangsari.

Sekitar 2-3 tahun ini, papar Ayi, suhu di desa juga memang sudah mulai meningkat. Tahun kemarin itu durian di desa juga berbuah walaupun belum seperti di daerah lain.

“Biasa juga dikembangkan bukan hanya durian saja, tapi buah-buahan atau buah mangga seperti yang lain tanaman keras sudah mulai berbuah,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah desa akan mencari jaringan untuk para petani agar mendapatkan program khususnya tanaman keras, seperti buah durian tersebut.

Baca Juga:  Kemenkes Sebut Penyebaran Varian Delta Hampir Merata di Seluruh Indonesia

“Jadi kami banyak berterima kasih atas dukungan dari pihak kepolisian dan pak camat juga,” tutupnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Sukanagara Aipda Dian Haryana mengatakan, telah melaksanakan giat silaturahmi dengan petani pembibitan pohon durian di Lembur Tohaga Mandiri Lodaya (LTML). 

Bhabinkamtibmas juga menyampaikan himbauan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, hindari kerumunan dan kurangi mobilitas (5M).

“Apalagi di luar rumah di setiap kegiatan, utamanya prokotol kesehatan (Prokes). Hal tersebut guna mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya, diamini rekannya Aipda Agung Subekti. (Mul)