Ini Tanggapan Disdik Jabar Soal Sekolah Roboh di Sukabumi

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi, menanggapi perihal robohnya SDN Kerenceng di Sukabumi, Jawa Barat. Beberapa hari lalu, ima ruang kelas di SDN Kerenceng ambruk.

Dedi Supandi mengimbau kepada seluruh pihak penyelenggara sekolah agar memanfaatkan anggaran yang bersumber dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOPD) untuk pemeliharaan bangunan bangunan sekolah.

Baca Juga:  Dicari, Pidato Yang Menarik Simpatik

“Karena itu termasuk dalam bagian rencana persiapan tatap muka. Jadi sekolah ini harus mempersiapkan sarana untuk rencana tatap muka maupun juga sarana untuk Pembelajaran Jarak Jauh,” ujarnya di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, (20/8/2021).

Dia meminta pihak terkait agar segera menyelidiki peristiwa robohnya bangunan sekolah tersebut agar kejadian serupa tak terulang kembali.

“Penyebabnya karena apa, harus diselidiki apakah karena memang akibat bencana yang sifatnya alam atau karena memang karena lama tidak dipergunakan,” kata Dedi.

Baca Juga:  Gara-gara Tsunami Selat Sunda, Objek Wisata Galunggung Dipadati Pengunjung

Bangunan SDN Kerenceng di Sukabumi ambruk diduga akibat cuaca buruk. Sekolah ini baru saja menyelenggarakan pembelajaran tatap muka beberapa hari sebelumnya, setelah kebijakan PPKM dilonggarkan.

Lima ruang kelas mengalami rusak berat akibat peristiwa ini. Beberapa atap roboh dan menimpa tempat duduk maupun meja belajar yang ada di dalam ruangan kelas.

Baca Juga:  Keji, Ayah Kandung Gauli Anaknya Sendiri

Akibat kejadian tersebut, pihak sekolah kemudian mencari solusi atas kejadian tersebut agar para siswa sekolah tetap dapat kembali belajar.

“Sudah ngobrol dengan komite, ada madrasah bisa dipakai karena aktifnya sore. Harapan saya anak harus tetap belajar. Mereka sedang semangat-semangatnya, jangan sampai anak-anak semangatnya turun lagi,” ujar Kepsek SDN Kerenceng Yusuf. (Red)