Sanjung Pariwisata Garut, Sandiaga Uno Kaitkan dengan Charlie Chaplin

JABARNEWS | GARUT – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan tertarik mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sandiaga Uno pun menyatakan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap memfasilitasi untuk pengembangan sektor pariwisata di Garut.

“Untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan di Kabupaten Garut,” kata Sandiaga, saat kunjungannya ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (22/8/2021).

Baca Juga:  Airlangga Sampaikan Kabar Gembira Soal Pemberian Subsidi Gaji

Menurut Sandiaga Uno, daerah Garut memiliki potensi pariwisata yang banyak dan layak dikembangkan. 

Ia mengatakan sudah berdiskusi dengan Pemerintah Kabupaten Garut dalam upaya pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Salah satu pembahasan dalam diskusi yakni Garut sedang melakukan penyelesaian rencana detail tata ruang (RDTR).

“Kami akan fasilitasi, asistensi (RDTR). Tujuannya, dengan selesainya jalan tol, Garut siap jadi destinasi berkelas dunia, berdaya saing, berkualitas, dan tentunya berkelanjutan,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga:  Begini Kronologis Kecelakaan Yang Merenggut Nyawa Pelajar di Purwakarta

Ia mengungkapkan, Kabupaten Garut sebenarnya sudah dikenal luas dengan keistimewaan wisatanya, bahkan menjadi destinasi wisata dari berbagai daerah termasuk wisatawan mancanegara. 

Aktor legendaris asal Inggris Charlie Chaplin, kata Sandiaga Uno, tercatat dalam sejarah hidupnya pernah mengunjungi Kabupaten Garut untuk berwisata.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang menerima langsung kunjungan Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya ingin Kabupaten Garut memiliki tata ruang berbasis perlindungan alam dan pariwisata berbasis alam.

Baca Juga:  KPK Kembali Memanggil Beberapa Saksi Dugaan Korupsi Dinas PUPR Banjar

Menurut dia, jika tata ruang di Garut diciptakan dengan baik maka akan ada keseimbangan antara alam dan pariwisata, sehingga keberadaan pariwisata bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat dan alam tetap terjaga dengan baik.

“Garut memiliki lima gunung berapi, kita harus maju, bukan hanya wisata, tapi juga ekonomi kreatif yang berbasis digital dan go international,” katanya. (Red)