Optimalkan Penyuluhan KB, DPPKB Kabupaten Purwakarta Resmikan Balai Penyuluh

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayah kecamatan Kiarapedes, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta resmikan Balai Penyuluh KB, pada Rabu (25/8/2021).

Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat mengatakan, balai Penyuluhan KB Bangga Kencana ini adalah untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi penyuluh KB kecamatan dalam program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (bangga kencana) di tingkat kecamatan Kiarapedes.

“Bangunan ini berfungsi sebagai tempat beraktifitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan pembinaan kepada Petugas dan Pengelola seperti PKB dan PLKB, Institusi Masyarakat Pedesaan dan Mitra Kerja dalam operasional Progam Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Tingkat Kecamatan,” ucap Yayat, saat ditemui usai meresmikan bangunan tersebut.

Baca Juga:  Taman Sri Baduga Purwakarta, Tempat Favorit Untuk Ngabuburit

Dijelaskannya, dengan demikian keberadaan Balai Penyuluhan KB di Kecamatan Kiarapedes ini kedepannya akan berfungsi sebagai pusat pengendali operasional lini lapangan dan sarana pendukung tugas dan fungsi Penyuluh KB.

Harapannya, kata Yayat, Balai Penyuluhan KB Kecamatan Kiarapedes ini dapat dioptimalkan pemanfaatannya oleh lintas sektor, Penyuluh KB, Kader IMP maupun masyarakat dalam mendukung Program Bangga Kencana di Kecamatan Kiarapedes khususnya dan di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Bupati Cianjur Herman Janji Siapkan Bansos Selama PPKM Darurat

“Dengan adanya Balai Penyuluhan KB ini saya berharap penyuluh lapangan KB dapat lebih maksimal dalam bekerja memberikan penyuluhan KB kepada masyarakat,” harap Yayat.

Ditempat yang sama, Camat Kiarapedes, H Diaudin mengungkapkan, dibangunnya Balai Penyuluhan KB diharapkan dapat meningkatkan akses dan pelayanan KB yang merata dan berkualitas khususnya di Kecamatan Kiarapedes.

Baca Juga:  Ingin Dapat Bantuan UMKM Rp1,2 Juta? Yuk Daftar Disini

Ditambahkannya, program KB juga bagian yang terpadu, integral dalam pembangunan nasional dan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya penduduk Indonesia agar dapat dicapai keseimbangan yang baik dan kemampuan produksi nasional.

“Program KB secara nasional juga diharapkan berdampak bagi masyarakat Kecamatan Kiarapedes dalam meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertumbuhan penduduk,” harap Diaudin. (Red)