Realisasi Vaksinasi di Jawa Barat Jauh dari Target Capai Herd Immunity

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Realisasi vaksinasi Covid-19 pada masyarakat di Jawa Barat saat ini masih jauh dari target yang diharapkan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) pada akhir tahun 2021. 

Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengatakan, saat ini realisasi vaksinasi COVID-19 di Jawa Barat baru mencapai 12,7 juta sasaran. 

Padahal, menurut dia, target vaksinasi hingga mencapai herd immunity di Jabar pada akhir tahun 2021 ialah sebanyak 37,9 juta sasaran. 

Baca Juga:  Berkas Kuota Formasi CPNS Tunggu Dibuka Bupati Pangandaran

“Target sasaran kita masih jauh dari harapan. Kalau mau mencapai herd immunity harus mencapai 37,9 juta yang divaksinasinya, sementara sekarang baru mencapai 12,7 juta,” ungkap Atalia di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (25/8/2021).

Untuk mempercepat akselerasi vaksinasi COVID-19, Atalia menyebut yang paling efektif yakni dengan menjemput bola. Di samping itu, ialah dengan memperbanyak sentra vaksinasi dengan keterlibatan dari semua pihak. 

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Segera Lunasi Dana Siltap

“Akhirnya bahwa kita memang harus melakukan berbagai upaya, termasuk jemput bola. Semakin dekat dengan masyarakat, akan semakin baik,” terang Atalia. 

Atalia juga meminta agar masyarakat yang belum tergerak untuk menjalani vaksinasi agar lebih banyak menyerap informasi positif dari vaksinasi Covid-19. Juga dengan dorongan dari orang terdekat yang sudah divaksinasi.

“Termasuk yang belum (divaksinasi) agar merasa tergerak hatinya. Jangan sampai tempat vaksinasi kosong karena masyarakat belum paham pentingnya vaksinasi,” jelas Atalia. 

Baca Juga:  O2SN Tingkat SMK Se-wilayah IV Jabar Digelar di Kabupaten Purwakarta

Atalia berharap semakin cepat herd immunity tercapai bisa semakin cepat pula perbaikan kondisi ekonomi masyarakat yang kini sedang terpuruk akibat dampak dari pandemi Covid-19.

“Misalnya Lembang ini kan destinasi favorit wisata di Jabar. Vaksinasi juga harapannya bisa menjadi upaya kita kembali ke normal dengan percepatan herd immunity ini,” katanya.

“Dalam arti bahwa kegiatan pariwisata dan perekonomian bisa kembali pulih sesegera mungkin,” tukas istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu. (Yoy)