Geger, Warga Kuningan Temukan Ratusan Peluru dan Mortir di Area Pemakaman

JABARNEWS I CIREBON – Geger, Warga Desa Pamulihan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan, temukan ratusan peluru dan puluhan mortir di area pemakaman umum Desa Pamulihan.

Temuan ratusan peluru dan mortir tersebut, pertama kali ditemukan oleh warga yang tengah bebersih di area tempat pemakaman umum. Saat tengah mencangkul, tanpa disengaja cangkul milik warga mengenai benda keras layaknya menghantam bebatuan. Namun saat di galih dan dicek, ternyata benda keras itu merupakan mortir yang terkubur sejak zaman belanda.

Dijelaskan Jumad, salah seorang perangkat Desa Pamulihan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan. Ia membenarkan temuan tersebut, yang ditemukan oleh warga sekitar tengah melakukan bebersih area pemakaman pada kamis malam jumat kliwon.

Baca Juga:  Mantan Kepala BNN: Fariz RM Dipenjarakan Bukan Solusi

“Ia benar, benda itu ditemukan Kamis sore kemarin. Warga biasanya setiap malam jumat kliwon, Kamis sorenya warga lakukan bebersih di area pemakaman. Tanpa disengaja warga menemukan benda-benda itu yang terkubur di area pemakaman,” katanya, saat dikonfirmasi. Jumat (27/08/2021)

Tidak hanya menemukan ratusan peluru dan mortir, lanjut Jumad. Warga juga menemukan pecahan gentong dilubang yang sama dengan peluru dan mortir tersebut. Diduga ratusan peluru itu disimpan di dalam gentong yang usianya sudah puluhan tahun.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Beri Penjelasan Soal Kolam Renang Pribadi di Rumah Dinasnya

“Di Dalamnya ada pecahan pecahan gentong juga, kemungkinan Peluru peluru itu disimpan di dalam gentong dan dikubur bersamaan di area itu, yang sekarang jadi tempat pemakaman umum,” katanya.

Saat ditanya, memiliki sejarah apa, Jumad menceritakan. Bahwa Desa Pamulihan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan ini memiliki sejarah. Dimana warganya melakukan perlawanan pada tentara belanda pada masa itu.

“Di Desa ini, dulunya ada warga yang melakukan perlawanan pada tentara belanda. Kemungkinan peluru peluru itu, hasil dari rampasan perang dan disembunyikan di area itu,” katanya.

Temuan-temuan itu, diakui Jumad. Warga sebelumnya juga pernah menemukan benda yang sama. Namun, lokasinya berbeda dengan temuan yang sekarang ini.

Baca Juga:  Maaf, Selama Asian Games Jalan Ini Ditutup

“Beberapa tahun lalu, warga juga pernah menemukan benda yang sama, lokasinya juga tidak jauh dengan lokasi temuan peluru yang sekarang, “katanya. 

Sementara itu, di tempat yang berbeda Kapolsek Ciawigebang, Polres Kuningan. AKP Yayat Hidayat mengatakan. Temuan ratusan peluru dan mortir tersebut memang benar, akan tetapi barang bukti tersebut dalam penanganan pihak Kodim 0615 Kuningan.

“Benar, tapi barang temuan itu kami serahkan ke Koramil untuk kemudian dibawa ke Kodim, guna penyelidikan lebih lanjut,” katanya. (Arn)