Mak Karyem Tinggal Sebatang Kara di Gubuk Reyot di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Seorang nenek hidup memprihatinkan dengan tinggal seorang diri di gubuk reyot di Dusun Pacogreg, Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari, Karawang, Jawa Barat.

Nenek Mak Karyem (60) hanya bisa pasrah dengan keadaannya. Dia hanya mengandalkan uluran tangan tetangga untuk kebutuhan sehari-hari.

Kondisi gubuk yang ditempati Mak Karyem sudah tidak layak huni, bahkan untuk masuk ke dalam gubuk kecil itu tidak perlu melalui pintu.

Dinding bilik yang sudah bolong-bolong bisa buat masuk ke gubuk Mak Karyem. Begitu pula atap genting, yang sudah banyak yang bocor sehingga air akan membasahi di dalam gubuk jika turun hujan.

Baca Juga:  Polsek Sumberjaya Tangkap Dua Warga Jambi

Mak Karyem sudah tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi rumah yang seperti itu. Jangankan memperbaiki gubuk, sekadar makan sehari-hari saja dia mengandalkan bantuan dari tetangga. 

Usia yang sudah lanjut memaksa Mak Karyem harus berhenti dari pekerjaannya sebagai buruh tani, yang selama ini menjadi pekerjaan andalan untuk menopang hidup. 

Namun, mimpi Mak Karyem untuk memiliki rumah layak huni akhirnya terkabul setelah Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh berjanji dalam waktu dekat segera membangun rumah untuk Mak Karyem.

“Memang rumah bilik Mak Karyem ini sudah tidak layak untuk ditempati. Kerusakannya sudah banyak hingga tidak nyaman sebagai tempat tinggal,” kata Aep Syaepuloh, dikutip dari iNews, Minggu (29/8/2021).

Baca Juga:  Ribuan KK dari Enam Kecamatan di Karawang Terdampak Banjir

“Kami akan bantu perbaiki rumah Mak Karyem biar lebih layak,” ujar Aep Syaepuloh, yang turut berkunjung ke rumah Mak Karyem.

Menurut Aep, dia mendapat informasi jika ada warganya yang tinggal sendirian dan hidupnya kesusahan. Apalagi rumah yang ditempatinya sudah tidak layak. 

“Ada yang menghubungi saya terkait Mak Karyem ini. Setelah kita ketahui kebenaran informasi ini saya langsung datang melihat sendiri. Kondisinya memang layak dibantu,” ujarnya.

Aep mengaku pemerintah akan membantu Mak Karyem. Hal yang pertama memperbaiki rumah Mak Karyem agar layak ditempati. 

Baca Juga:  Banyak Anak Kecanduan Gawai, Manfaatkan Layanan dari RSJ Cisarua Ini

Selain itu Mak Karyem akan mendapat bantuan agar hidupnya tidak lagi mengandalkan tetangga. “Iya kita akan bantu terkait kehidupan sehari-harinya, karena dia sudah tidak bisa bekerja,” ujar dia.

Sementara itu, Mak Karyem dengan terbata-bata mengaku terharu dengan bantuan yang diterimanya. Dia mengaku seperti mimpi melihat Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mendatangi rumahnya. 

“Senang banget bisa diperhatikan Pak Wabup, karena kehidupan sehari-hari saya hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangga dan saudara-saudara terdekat,” katanya. (Red)