Komisi II DPRD Jabar Usulkan Perbaikan Balai Pengembangan Bibit Unggas Jatiwangi

JABARNEWS | MAJALENGKA – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid mengungkapkan kondisi Balai Pengembangan Bibit Unggas yang terdapat di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Menurutnya, saat ini balai tersebut memerlukan perbaikan khususnya pada fasilitas kandang pembesaran.

“Karena ini mungkin sudah lama maka beberapa fasilitas di balai ini sudah mengalami kerusakan, seperti kandang pembesaran, kemudian kendala dalam pembibitan, mesin tetas yang sudah usang dan tua, itu menjadi perhatian kita,” kata Faizal dalam kunjungan kerja Komisi II DPRD Jabar, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga:  Tiga Khasiat daun Kelor, Diantaranya Bisa Cegah Kanker

Dia menyatakan bahwa pihaknya akan mendorong pengusulan untuk perbaikan sarana dan penambahan mesin tetas pada balai tersebut dengan memfokuskan anggaran pada sarana penunjang usaha pembibitan.

“Disini satu-satunya tempat pembibitan ayam khas Jawa Barat (ayam sentul) nanti kita bicara dengan dinas bagaimana menanggulangi persoalan tempat BPLH ini yang memang mengalami refocusing yang menyebabkan operasional terganggu, tentunya kita akan coba sampaikan di anggaran perubahan di tahun 2021,” jelasnya.

Baca Juga:  Pasca Longsor, Warga Pondoksalam Purwakarta Masih Trauma

Faizal menambahkan, berkurangnya saluran bantuan bibit unggas kepada masyarakat terjadi akibat dari refocusing anggaran balai yang semula di angka 50 ribu turun menjadi hanya 20 ribu.

Baca Juga:  Kasus Ferdy Sambo Setara Genosida dan Perbudakan, Amnesty: Pelanggaran HAM Berat!

Sehingga, lanjut dia, diperlukan penambahan anggaran untuk penyaluran pemanfaatan balai agar dapat membantu kebutuhan masyarakat

“Kareena pemanfaatan kepada masyarakat harus tercermin dari adanya balai ini, kita merasa bahwa perlu adanya suatu bentuk penambahan anggaran dalam rangka untuk menambah pembibitan ayam,” tandasnya. (Red)