Proyek Pengembangan Wisata Situ Gede Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini, Kekejar?

JABARNEWS | BOGOR – Proyek pengembangan wisata Situ Gede di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor ditargetkan rampung pada Desember 2021.

Dalam penilaian Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, dalam proyek tersebut masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Dia menyebut, salah satunya adalah pembangunan jalan inspeksi, dari dekat kantor Kelurahan Situ Gede sampai ke lokasi pemancingan.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan dan disempurnakan. Kota Bogor harus menyiapkan jalan inspeksi, karena Dinas SDA Jawa Barat belum menyentuh area itu,” kata Dadie di Bogor, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga:  Kang Jimmy Ikut Tes Balon Bupati Partai Gerindra, Gimana Gina Swara?

Dia meminta kepada kontraktor PT Hisar Makmur untuk memperhatikan kualitas material dan pekerjaan, agar setelah selesai hasil pekerjaannya berkualitas. Menurut Dedie, masih banyak hal-hal lainnya yang perlu ditata dan diselesaikan pada pengembangan kawasan wisata Situ Gede, misalnya pada pedagang kaki lima dan warung yang masih belum tertata dengan baik.

Baca Juga:  AS Ogah Hadir di Pertemuan G20 Bali, Kalau Ada Rusia

“Ada juga rumah warga yang menjorok ke lokasi jogging track di tepi situ. Hal-hal seperti ini perlu ditata dan diselesaikan,” ucapnya.

Dadie menjelaskan, pekerjaan lainnya yang sedang dan akan dikerjakan di kawasan tersebut adalah, pengerukan sedimentasi di Situ Gede yang selama ini tidak tertangani dengan baik serta penataan sampahnya.

“Tempat sampahnya diperbaiki. Saluran air masuk dan keluar juga diperbaiki. PR berikutnya adalah bagaimana mengurangi volume sampah yang masuk ke dalam situ,” jelasnya.

Baca Juga:  Lama Tak Muncul Di Publik, Diam-diam Wabup Purwakarta Lakukan Ini

Untuk menyelesaikan banyak pekerjaan tersebut, pihaknya berencana membuat kolam pengendali atau kolam monitoring sampah, terutama sampah dari sungai yang berasal dari sekitar Balumbang Jaya.

Dedie menyampaikan, pengembangan kawasan Situ Gede ini ditargetkan selesai pada akhir tahun ini, meskipun belum secara menyeluruh.

“Berikutnya, masih ada pekerjaan penghijauan dan penanaman pohon di taman. Ini belum masuk pada pekerjaan yang sekarang,” tutupnya. (Red)