Wujudkan Zero Halinar, Lapas Purwakarta Gencar Lakukan Penggeledahan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta kembali menunjukan komitmennya dalam mewujudkan zero halinar (handphone, pungli dan narkoba).

Lapas yang di nahkodai, Sopiana itu terus terus gencar melakukan razia atau penggeladahan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Penggeledahan kali ini dilakukan di kamar hunian A12, A13, B01 dan strapsel, Lapas Kelas IIB Purwakarta itu dilakukan pada Rabu, 2 September 2021 kemarin dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kalapas Purwakarta, Sopiana mengatakan, penggeledahan yang dilakukan petugas Lapas Kelas IIB Purwakarta ini merupakan sidak rutin ke kamar blok hunian. Di mana satu per satu kamar yang dihuni para warga binaan digeledah untuk mencari barang-barang yang dilarang masuk ke dalam kamar.

Baca Juga:  Bingung Akhir Pekan Mau Kemana? Yuk Sambangi Kampung Singkur

“Kita rutin melakukan penggeledahan terhadap kamar maupun warga binaan di Lapas Purwakarta ini. Hal ini dilakukan merupakan komitmen petugas lapas untuk deteksi dini gangguang keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi adanya peredaran narkoba di Lapas Purwakarta,” tutur Sopiana, pada Kamis (2/9/2021).

Dalam setiap penggeledahan, kata Kalapas, petugas mengendapkan sikap humanis dan tegas serta semua sudut kamar digeledah petugas guna mencari barang terlarang.

Baca Juga:  Diaz Rukmana Minta Pemkab Purwakarta Evaluasi Jumlah Penerima BLT APBD

“Dalam penggeledahan kali ini tidak menemukan narkoba. Tapi petugas berhasil menemukan 2 unit handphone serta barang-barang yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas Purwakarta, diantaranya, 2 buah obeng, 3 buah kabel, 2 buah sendok besi, 1 buah ikat pinggang, 1 buah vape, 2 buah cutter, 2 buah Charger handphone, 5 buah Sajam (senjata tajam), 2 buah terminal listrik, dan 1 buah power bank, dan 2 buah headset,” beber Sopiana.

Kalapas memastikan, pihaknya akan terus melakukan pembenahan dari segala bentuk penyimpangan.

Pihaknya juga telah memerintahkan jajarannya untuk lebih meningkatkan penggeledahan dan pemeriksaan terhadap siapapun yang akan memasuki Lapas. Hal ini untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam lapas.

Baca Juga:  Inilah Yang Membuat Anda Sulit Mengingat Mimpi

Sopian menegaskan, Lapas Kelas IIB Purwakarta harus merdeka dari penyalahgunaan narkoba dan barang-barang terlarang lainnya, karena dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

“Kita juga gencar melakukan razia dan penggeledahan badan serta barang titipan guna mewujudkan zero halinar,” tegas Sopiana.

Sementara itu, lanjut dia, barang yang ditemukan langsung disita untuk diinventarisir dan selanjutnya akan dimusnahkan.

“Hasil razia kami diinventarisir dan didata, untuk selanjutnya dimusnahkan. Warga binaannya akan kita kenakan sanksi ketertiban sesuai aturan yang ada,” pungkasnya. (Gin)